Search

Pertama Didunia: Alex Honnold Pendaki Tebing Solo Sukses Taklukan “El Capitan”

Alex Honnold mencatat sejarah pendaki tebng pertama daki El Capitan tanpa tali pengaman/ Alex Honnold
Alex Honnold mencatat sejarah pendaki tebng pertama daki El Capitan tanpa tali pengaman/ Alex Honnold

Amerika, reportasenews.com – Alex Honnold telah menjadi pendaki tebing pertama mendaki tebing keras El Capitan yang berada di Tamnas Yosemite tanpa alat pengaman. National Geographic pertama kali melaporkan pencapaian tersebut. Akhirnya rekor itu patah.

Honnold memilih rute “Freerider” di El Capitan setinggi 914 meter tanpa tali dan alat pengaman apapun. Jalur itu 30 pitch zig-zag yang memiliki batu keras 5,13. Dia tidak menggunakan peralatan safety apapun, dan dia naik mendaki sendirian.

Ini adalah pertama kalinya seorang pemanjat tebing naik El Capitan tanpa tali. Sejak dahulu “free-solo El Cap” telah lama menjadi impian di dunia pendakian karena sulitnya tebing disini yang nyaris mulus tanpa pegangan.

Laporan National Geographic Honnold menyelesaikan pendakian Sabtu, 3 Juni. Pendakian tersebut “didokumentasikan untuk sebuah film dan majalah majalah National Geographic yang akan datang,” kata artikel tersebut.

Penulis Mark M. Synnott melaporkan bahwa Honnold mendaki rute dalam 3 jam, 56 menit. Synnott menyebut itu sebagai “apa yang mungkin menjadi prestasi terbesar panjat tebing murni dalam sejarah olahraga.”

Honnold memulai pendakian sekitar pukul 5:30 pagi hari ini. Laporan National Geographic dia menghabiskan malam itu dengan tidur di vannya sebelum naik “mengenakan kaos merah dan celana cutoff favoritnya, dan memakan sarapan standar gandum, rami, biji chia, dan blueberry.”

Tebing di El Cap adalah impian pendaki pro diseluruh dunia karena tingkat kesulitannya sangat tinggi. Mendaki ini membutuhkan alat pengamanan dan tali yang panjangnya beratus-ratus meter.

Honnold mampu cuma menggunakan tangan kosong dan sepatu karet lengket untuk mendaki 914 meter batu vertikal. Semua dilakukan dia tanpa alat pengaman.

Tim gembira melihat keberhasilan pendakian solo yang berani dari Alex Honnold. Dia telah lama berada di puncak panteon dunia pendakian, dan prestasi hari ini menempatkan Honnold di “alam para dewa pendakian” diseluruh dunia. Dia adalah “the best of the best”. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...