Search

Pesawat Sukhoi Terbakar, 41 Penumpang Tewas

Detik menegangkan saat pesawat Sukhoi SSJ 200 terbakar
Detik menegangkan saat pesawat Sukhoi SSJ 200 terbakar

Rusia, reportasenews.com-Pesawat Sukhoi SSJ 100 dari maskapai penerbangan nasional Aeroflot Rusia tiba-tiba pesawat nahas itu menyemburkan api yang sangat besar disertai gumpalan asap hitam,  saat sedang mendarat darurat dan melaju di landasan pacu atau runway, di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia, Minggu (5/05) malam waktu setempat.

Menurut pengawas penerbangan Rusia, pesawat nahas ini terbang dari Moskow dengan tujuan Kota Murmansk di Rusia bagian utara yang membawa 73 penumpang dan lima awak pesawat.

Rekaman dari CCTV Bandara Sheremetyevo menunjukkan terjadinya kecelakaan itu, saat pesawat mendarat darurat di landasan pacu dan mengalami goncangan yang hebat, sehingga tampak seakan pesawat mendata di landasan yang bergelombang. Kemudian dalam hitungan detik, bagian belakang tampak mengeluarkan api besar dan asap hitam.

Pesawat Sukhoi SSJ 100 dari maskapai Aeroflot Rusia terbakar di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia

Pesawat Sukhoi SSJ 100 dari maskapai Aeroflot Rusia terbakar di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia

Pesawat Sukhio SSJ 100 dengan nomor penerbangan SU 1492 ini kemudian berhenti, tampak pintu terbuka dan tangga darurat menjulur keluar. Melalui tangga darurata ini terlihat banyak penumpang berusaha keluar dari pesawat untuk menyelamatkan diri.

Sebanyak 41 penumpang pesawat milik maskapai Aeroflot Rusia ini tewas terbakar. Di antara korban yang tewas, ada satu awak pesawat dan dua remaja, menurut Komita Investigasi mengutip laporan AP News.

“Kami lepas landas dan kemudia kilat menghantam pesawat,” menurut harian Komsomolskaya Pravda yang berhasil mewawancarai salah seorang penumpang yang selamat, sebagaimana yang dikutip Reuters, Senin (6/6).

“Pesawat berbalik dan ada pendaratan yang keras. Kami sangat takut sampai hampir kehiangan kesadaran. Pesawat melompati landasan seperti belalang dan kemudian terbakar di tanah,” ujarnya.

Ini adalah kecelakaan kedua pesawat Sukhoi SSJ100 yang melibatkan maskapai Sky Aviation yang menabrak Gunung Salak di Indonesia  pada 2012 dan menewaskan 45 penumpang. (tjg)




Loading Facebook Comments ...