Search

Peternakan Ayam di Situbondo Terbakar,  5000 Ekor Ayam Potong  Terpanggang

Petugas Damkar, saat memadamkan kobaran api dilokasi kejadian. (foto:fat)
Petugas Damkar, saat memadamkan kobaran api dilokasi kejadian. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Sebuah kandang  ayam potong milik salah seorang  warga bernama (63), asal    Perumahan Griya Panji Mulya (GPM) Situbondo,   yang berlokasi di Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Bahkan, kondisi kandang ayam potong milik korban rata dengan tanah,  Kamis (17/10/2019).

Selain mengakibatkan bangunan kandang semi permanen yang terbuat dari gedek atau anyaman bambu terbakar, peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB,  juga mengakibatkan sebanyak 5000 ekor ayam potong, yang diketahui baru berusia satu minggu juga  mati dalam kondisi terpanggang.

Akibatnya, korban Kayat  mengalami kerugian materi yang diperkirakan mencapai Rp.160 juta lebih. Sebab, sebanyak 5000 ekor ayam potong yang baru berusia  sekitar satu minggu juga ikut terbakar  terpanggang, dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Diperoleh keterangan, pertama kali kobaran api yang membakar kandang ayam milik korban Kayat itu, diketahui oleh salah seorang pekerjanya yang bernama Indra (17). Sehingga begitu mengetahui  kandang ayam di bagian tengah terbakar, Indra langsung berteriak minta tolong.

Mendengar temannya berteriak minta tolong, para pekerjanya yang  lain  langsung memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya,  namun karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga  hanya dalam hitungan menit, kobaran api membakar seluruh kandang ayam yang terbuat dari gedek, dengan atap yang terbuat dari talang plastik tersebut.

Kobaran api yang membakar kandang ayam potong milik  korban Kayat baru dapat dipadamkan  sekitar  dua jam setelah kejadian. Itupun  setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.“Saya kaget, saat sedang bekerja melihat ada kobaran api di kandang ayam bagian tengah. Pada saat itupula, saya berteriak minta tolong,”ujar Indra, Kamis (17/10/2019).

Puryono koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, membenarkan peristiwa kebakaran kandang ayam potong milik korban Kayat. Kerugian  materi akibat kebakaran tersebut mencapai Rp.160 juta. “Berdasarkan keterangan salah seorang pekerjanya, kobaran api berasal dari kandang bagian tengah milik korban Kayat,”kata Puryono.(fat)




Loading Facebook Comments ...