Search

Planet Mars Dititik Terdekat ke Bumi Sejak 2003

ScreenShot010

Amerika, reportasenews.com – Mars saat ini berada dititik terdekat ke Bumi dalam 15 tahun lebih awal. Posisi terdekat yang sama pernah dicatat tahun 2003 lalu, demikian menurut NASA Amerika.

Observatorium Griffith di Los Angeles akan menyiarkan webcast tentang peristiwa selestial, dengan komentar ahli, mulai pukul 01.00 hingga 17.00 EDT (0500 hingga 0900 GMT; pukul 10 hingga 2 pagi waktu Pasifik lokal).

Sekitar pukul 4 pagi waktu setempat Anda, Mars akan terlihat rendah di ufuk barat daya, dengan bulan bersinar ke kiri atas.

“Dengan kebetulan selestial, pada saat yang sama, Mars akan berada pada posisi terbaiknya untuk melihat melalui teleskop dari Los Angeles, karena melintasi garis bujur dan tampak tertinggi di langit selatan,” perwakilan observatorium menulis dalam sebuah pernyataan.

Jika Anda tinggal di daerah Los Angeles, Anda juga dapat menghadiri acara Griffith secara langsung, gratis. Tempat observatorium akan terbuka untuk umum, dan teleskop kecil akan tersedia untuk melihat Mars. (Lingkup ini akan berada di halaman; gedung observatorium itu sendiri akan ditutup.)

Saat pendekatan terdekat terjadi pada jam 3:45 pagi waktu EDT (0745 GMT), ketika Mars dan Bumi akan dipisahkan hanya dengan 35,8 juta mil (57,6 juta kilometer). Kedua planet itu belum pernah diposisi sangat dekat seperti ini sejak Agustus 2003, ketika mereka membelok dalam jangkauan 34,6 juta mil (55,7 juta km) satu sama lain.

Pertemuan tahun 2003 itu benar-benar istimewa – yang paling dekat di antara planet-planet tetangga dalam 60.000 tahun. Memang, posisi ini akibat rentang kosmik jarak minimum Mars-ke-Bumi, yaitu 33,9 juta mil (54,6 juta km). Pemisahan maksimum dari dua planet adalah sekitar 249 juta mil, atau 401 juta km, dan jarak rata-rata di antara mereka adalah 140 juta mil, atau 225 juta km.

Pendekatan dekat besok pagi mengikuti pada tumit ‘oposisi’ Mars. Tonggak ini – ketika Mars, Bumi dan matahari sejajar, dengan planet kita di tengah – terjadi Jumat (27 Juli).

Mars telah terlihat lebih terang dari biasanya di langit untuk sementara waktu, karena sudah semakin dekat dan lebih dekat ke Bumi. Tapi Planet Merah tidak terlalu besar atau seterang bulan. Mars bagaimanapun posisinya masih sangat jauh dibanding bulan. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...