Search

Plengsengan Sepanjang 11 Meter Longsor, Timpa Rumah Warga Desa Gunung Putri

plengsengan sepanjang 11 meter di Dusun Tegal Manik, Desa Gunung Putri, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur longsor Minggu (31/3/2019). (foto:fat)
plengsengan sepanjang 11 meter di Dusun Tegal Manik, Desa Gunung Putri, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur longsor Minggu (31/3/2019). (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Hujan deras yang disertai dengan angin kecang, mengakibatkan sebuah plengsengan dengan panjang 11 meter dengan tinggi 5,5 meter di Dusun Tegal Manik, Desa Gunung Putri, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur longsor Minggu (31/3/2019).
Beruntung tidak ada  korban luka maupun korban jiwa, dalam peristiwa ambruk   plengsengan tersebut,  namun material plengsengan menimpa rumah milik korban Ibu Sudalis (61), yang berlokasi tepat dibawa plengsengan. Akibatnya, rumah milik korban mengalami rusak berat di bagian belakang rumahnya.
Diperoleh keterangan, sebelum plengsengan sepanjang 11 meter dengan tinggi 5,5 meter ambruk, hujan deras yang disertai dengan angin kencang, diketahui  melanda kawasan Kabupaten Situbondo di bagian barat.
Namun hanya berselang sekitar 30 menit hujan mengguyur kawasan Suboh, tiba-tiba material plengsengan longsor menimpa rumah bagian belakang. Bahkan, begitu terdengar suara rumahnya tertimpa material batu, korban langsung semburat keluar rumahnya untuk menyelamatkan diri.
“Saat kejadian, saya sedang tidur-tiduran di amper rumahnya, namun begitu mendengar suara material batu menimpa rumahnya bagian belakang, saya langsung keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri,”kata Ibu Sudalis, Minggu (31/3/2019).
Puryono koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mengatakan, begitu mendapat informasi ada plengsengan ambruk, pihaknya langsung melakukan koordinasi Muspika Suboh, Situbondo.
“Selanjutnya, untuk meringankan beban korban, pusdalop bersama Muspika dan warga setempat, kami ikut membantu membersihkan rumah milik korban, yang tertimpa reruntuhan material plengsengan,”kata Puryono.(fat)



Loading Facebook Comments ...