Search

Polda Papua Gelar Silaturahmi Tokoh Agama se-Papua

: Kapolda Papua beserta perwakilan ke lima pemuka agama di Papua saat berdoa untuk papua yang senantiasa aman dan damai. ( foto : riy )
: Kapolda Papua beserta perwakilan ke lima pemuka agama di Papua saat berdoa untuk papua yang senantiasa aman dan damai. ( foto : riy )

Jayapura, reportasenews.com – Untuk merajut persatuan dan kesatuan serta memelihara toleransi antar umat beragama di Papua, Kepolisian Daerah Papua menggelar pertemuan serta dialog seluruh tokoh agama di Papua yang berlangsung di Hotel Sahid Jayapura.

Dalam dialog yang dihadiri seluruh tokoh agama sepapua ini membahas soal peran tokoh tokoh agama dalam menjaga toleransi beragama serta dalam rangka mengantisipasi pilkada gubernur yang akan di laksanakan pada 27 juni 2018.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam sambutan pembuka dialog mengatakan, kegiatan hari ini lebih menjalin silaturahmi yg telah terjalin, sekaligus melanjutkan berbagai pertemuan yg telah dilalui bersama karena pertemuan ini merupakan kaitan dengan adanya progres pelaksanaan pilkada. “Dalam menyikapi hal ini sangat penting arti doa bersama dimana tokoh agama berperan sebagai pendingin oleh panasnya situasi pilkada untuk selalu memberi sumbangsih pemikiran dan pengawalan”. Katanya.

Boy menambahkan, beberapa peristiwa perbedaaan pemahaman antara masyarakat yang terjadi terkait pembangunan perumahan ibadah di Sentani kami juga dengar sudah ada fakta integritas, para tokoh agama yg di pandu oleh para tokoh di provinsi dan  sudah menggelar peptemuan dan bahkan FKUB dan bupati terus merumuskan hal ini sehingga potensi perbedaan pemahaman di tengah keberagaman harus kita sikapi dengan Arif dan bijak karena sdh terjadi di beberapa daerah maka dari itu kami perlu bersilahturahmi seperti saat ini.

“Butiran2 toleransi itu tentu hrs menjadi sebuah kesepakatan bersama agar dia langgeng sepanjang waktu tidak berubah dgn adanya pihak tertentu dengan sengaja mengangkat perbedaan2 padahal yg hrs di angkat adalah kebersamaan kita yg lebih bermanfaat”. Tukasnya.

Sementara itu Pangdam XVII cenderawasih, Mayjend TNI George Supit mengatakan bahwa Peran tokoh agama sangat penting dalam kehidupan masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan  NKRI serta memiliki Pancasila. ” Dalam agama manapun pasti mengajari kasih menghormati satu sama lainnya, saya  yakin dalam dialog ini semua kita dapat memberikan ajaran yang baik”. ungkapnya.

Turut hadir Kapolda Papua, pangdam XVII cenderawasih, ketua pengadilan tinggi provinsi Papua, Kabinda, Danlantamal X Jayapura yg di wakili, danlanud Jayapura pejabat utama Polda Papua, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. ( riy )




Loading Facebook Comments ...