Search

Polres Gresik Bekuk Jaringan Pengedar Narkoba

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro saat gelar perkara kasus sabu-sabu. (Foto/didik hendri)
Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro saat gelar perkara kasus sabu-sabu. (Foto/didik hendri)

Gresik, Reportasenews.com – Lima tersangka jaringan pengedar gelap Narkotika dibekuk Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Gresik. Dari tangan tersangka, petugas menyita 342,55 Gram Narkotika jenis sabu.

Lima tersangka yang diamankan, yakni IS alias Jenglot (41) dan YDL (37) merupakan warga Kecamatan Benjeng, Gresik, SY (53) dan S alias Ipung (51) warga kabupaten Mojokerto dan YD (49) merupakan warga Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro didampingi Kasat Resnarkoba Polres Gresik AKP Redik Tribawanto dan Kasubbaghumas Polres Gresik AKP Hasyim Ashari menjelaskan, pengungkapan ini berawal dari adanya informasi di masyarakat jika di wilayah Benjeng Kabupaten Gresik menjadi tempat peredaran gelap narkotika.

Dari situlah petugas melakukan penyelidikan di lapangan. Hingga akhirnya pada tanggal 29 Maret 2019 pukul 20.00 WIB Anggota Satresnarkoba berhasil melakukan penangkapan di Pertigaan Boboh Kecamatan Menganti Gresik, Jawa Timur.

“Pelaku membawa mobil jenis minibus, saat dilakukan penggeledahan petugas mendapati 4 tersangka IS alias Jenglot, YDL, S alias Ipung, dan SY yang kedapatan membawa sabu -/+ 181,71 gr beserta Senjata air softgun beserta replica amunisinya” terang Kapolres Gresik, Jumat (12/4/2019).

Dari penangkapan tersebut diketahui IS alias Jenglot dan YDL akan membawa sabunya ke rumah SY di Trawas, Mojokerto untuk di cucikan agar lebih putih, sekaligus berniat untuk pesta sabu bersama S alias Ipung dan SY.

Selanjutnya IS alias jenglot menghubungi perantara C untuk membeli sabu sebanyak 100 gram, sehingga berkat bantuan C, IS alias Jenglot berangkat ke SPBU Wiyung, Menganti Gresik untuk membeli 100 gram sabu dengan dana senilai 80 juta.

Setelah mendapatkan tambahan sabu keempat Pelaku berangkat ke Benjeng rumah tersangka IS alias Jenglot. Namun, ketika sampai di pertigaan Boboh Kecamatan Menganti, Gresik keempat pelaku berhasil dibekuk petugas.

“Kelima tersangka yang diamankan Satresnarkoba Polres Gresik, bersama dengan barang bukti sabu seberat 342,55 gram”, jelas Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro.

Untuk mempertanggunjawabkan perbuatannya, kelima tersangka ini akan dijerat dengan Pasal  114 ayat (2) Jo  Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau hukuman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit 1 Miliar dan paling banyak 10 Miliar. (dik)




Loading Facebook Comments ...