Search

Polres Gresik Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari MenPAN RB

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo saat menerima penghargaan dari Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo. (foto:dik)
Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo saat menerima penghargaan dari Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo. (foto:dik)

Gresik, reportasenews.com – Polres Gresik mendapat penghargaan dari Menpan RB-RI Tjahjo Kumolo, beberapa waktu lalu. Penghargaan ini diperoleh karena Polres Blitar mendapat penilaian sangat baik dalam pelayanan publik (Yanlik) tahun 2019.

Penghargaan itu diterima langsung Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo dari Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/11).

Deputi Yanlik, Prof Dr Diah Natalisa menyatakan penilaian Yanlik 2019 lokasi khusus (Lokus) evaluasi dibagi 3 wilayah, mulai April – Oktober 2019. “Ada 7 Polres tidak dievaluasi karena force majeure,” katanya.

Adapun sasaran Yanlik SIM dan SKCK. Evaluasi dilaksanakan secara online (SDM, Sarpras, inovasi, dan lainnya). Sedangkan tim evaluator dari pusat dan eksternal.

Dari penilaian itu, dihasilkan evaluasi di 207 Polres dengan indeks 3,57 (kategori baik). Meliputi nilai A sebanyak 39 Polres, nilai B 140 Polres, nilai C 27 Polres. “Yang perlu diperbaiki adalah pelibatan masyarakat dalam standar Yanlik, survei kepuasan, reward kepada pegawai, sarana prasarana (Sarpras) khusus, layanan pengaduan, dan inovasi,” terangnya.

Sementara Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo menyatakan pemberian penghargaan ini merupakan bagian untuk memperbaiki birokrasi pelayanan mulai tingkat atas sampai bawah. Sebab menurut dia, Polri sabagai salah satu fungsi pelayan masyarakat (Yanmas), Harkamtibmas, Gakkum, dan Linyanyom.

Karena itu, dia meminta Polri bisa mendengarkan aspirasi masyarakat. “Jangan terjebak rutinitas. Yanlik harus mampu baca keinginan masyarakat yang dinamis. “Inovasi dan jawab kebutuhan masyarakat, responsif dan berdaya saing. Polres harus punya kontribusi besar dalam Yanlik,” paparnya.

Usai menerima penghargaan, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengaku bersyukur atas penghargaan Yanlik 2019 kategori sangat baik dari Menpan-RB. “Alhamdulillah di tahun 2019 ini Polres Gresik dalam penilaian Kemenpan-RB mendapatkan penghargaan sangat baik dalam pelayanan publik,” ungkapnya dengan nada penuh syukur. (dik)




Loading Facebook Comments ...