Search

Potensi Gelombang Tinggi di Selatan Jawa, BMKG Himbau Masyarakat Waspada

Ilustrasi. (foto:ist)
Ilustrasi. (foto:ist)

Jakarta,reportasenews.com  – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau mayarakat yang berada di sekitar pantai untuk berhati-hati dan jangan terlalu jauh ke tengah. Himbauan ini dikeluarkan kemungkinan adanya potensi ombak setinggi 2,5 meter di selatan Pulau Jawa.

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra di Jakarta, Rabu, (26/12) meminta masyakarat yang sedang berlibur terutama para nelayana agar jangan melakukan aktivitas terlalu ketengah. Hal ini untuk menghindari adanya potensi gelombang yang mencapai 2,5 meter di sepanjang pesisir selatan jawa.

BMKG memperkirakan hujan lebat dan angin kencang masih terjadi selama Natal hingga tahun baru 2019. BMKG juga menyebut selain di Pulau Jawa, potensi cuaca sektrem  juga terjadi si sekitar Maluku Tenggara dan Nusa Tenggara Timur.

“Untuk tahun baru, diperkirakan nanti di pesisir selatan Jawa cuaca akan lebih baik, curah hujan akan berkurang tetapi berbeda dengan di pesisir utara Jawa ini, karena diperkirakan curah hujan lebat di periode tanggal 31 Desember hingga tanggal 2 Januari,” ujar Agie.

Selain itu BMKG juga menghimbau agar warga yang berlibur di destinasi air terjun untuk  berhati-hati, terutama di wilayah-wilayah yang memiliki curah hujan tinggi.

BMKG memperkirakan wilayah  Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur, termasuk di wilayah Jakarta juga kan ada potensi hujan lebat. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap waspada, terutama yang sedang berlibur di wisata air terjun jika terjadi turun hujan di tempat tersebut. (han)




Loading Facebook Comments ...