Search

Presiden Jokowi Tetapkan Kaltim Sebagai Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi saat menyampaikan pemindahan ibukota baru di Istana kepresidenan, Senin (26/08). (foto:istimewa)
Presiden Jokowi saat menyampaikan pemindahan ibukota baru di Istana kepresidenan, Senin (26/08). (foto:istimewa)

Jakarta, reportasenews.com – Kepastian soal dimana ibu kota baru akan dipindahkan kini terjawab sudah. Kepastian itu disampaikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Jokowi telah memastikan lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan Timur, tepatnya berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara.

Presiden Jokowi mengatakan pemilihan Kalimantan Timur Sebagai ibu kota baru atas beberapa pertimbangan diantaranya: resiko bencana seperti banjir, gempar bumi, tsunami, kebakaran hutan dan gunung meletus kemungkinannya kecil terjadi.

Selain resiko bencananya kecil, pemilihan Kaltim sebagai ibu kota baru karena letak geograsisnya yang berada di tengah-tengah Indonesia, dan ketiga dekat dengan wilayah kota berkembang yakni Balikpapan dan Samarinda. Dilokasi baru ini pemerintah menyediakan lahan sekitar 180 ribu hektare.

Untuk membangun infrastruktur ibu kota baru berdasarkan data Bappenas dibutuhkan sekitar Rp 486 triliun. Pemerintah telah berkomitmen tidak akan menggunakan APBN yang bersumber dari penerimaan pajak. (*)




Loading Facebook Comments ...