Search

Puluhan Donatur Australia Pantau Operasi Katarak  Gratis di Situbondo

Adam Hudson, dan para donatur dari Australia,  saat memantau  langsung operasi katarak gratis di GOR Baluran Situbondo. (foto:fat)
Adam Hudson, dan para donatur dari Australia,  saat memantau  langsung operasi katarak gratis di GOR Baluran Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 888  orang penderita katarak  di Kabupaten Situbondo, mereka menjalani operasi  katarak gratis,   yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo, Senin (7/10/2019).

Operasi katarak gratis ini kerjasama antara LPM Merak Situbondo dengan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) Bali itu, dipantau langsung oleh Wabup  Situbondo Yoyok Mulyadi, selaku pembina LPM Merak Situbondo.

Bahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari di GOR Baluran Situbondo tersebut, juga dihadiri  langsung  sebanyak 75 donatur JFF Bali dari Australia.  Para  donatur tersebut juga   melihat secara langsung pelaksanaan  kegiatan operasi katarak gratis LPM Merak Situbondo.

Adam Hudson, salah seorang donatur dari  negara Australia mengatakan, pihaknya sangat  bangga  dapat membantu warga negara Indonesia, khususnya warga Kabupaten Situbondo, karena warga Kabupaten Situbondo cukup antusias  dalam  menyambut kegiatan  operasi mata katarak gratis, yang dilaksanakan oleh  LPM Merak Situbondo dan JFF Bali.

”Saya bersama puluhan warga Australia yang lain,  sudah tiga tahun melakukan kerjasama dengan  Yayasan JFF Bali. Namun baru  kali ini,  melihat langsung pelaksanaan operasi mata katarak langsung. Makanya, saya sangat bangga dengan banyaknya warga Situbondo, yang menjalani operasi mata katarak,”kata Adam Hudson, (7/10/2019).

Sementara itu, Wabup Yoyok Mulyadi selaku pembina LPM Merak Situbondo mengatakan, selama tiga tahun dirinya bersama LPM  Merak Situbondo berkonsentrasi melakukan kegiatan sosial, berupa kegitan  operasi  katarak gratis, memberikan pelayanan kesehatan mata  dan  memberikan kacamata gratis.

“Karena penyakit mata katarak merupakan problem tersendiri bagi  warga Kabupaten Situbondo. Sehingga untuk membantu program Pemkab Situbondo,  serta  agar Kabupaten Situbondo terbebas dari penderita katarak, saya meminta kepada  LPM Merak  Situbondo untuk  menggelar operasi mata katarak gratis,”ujar Wabup Yoyok Mulyadi.

Menurutnya, untuk Oktober  tahun 2019 ini, merupakan kegiatan ke-5 LPM Merak Situbondo dan JFF Bali  dalam menggelar operasi katarak gratis. Namun, dalam lima kegiatan sosial tersebut, sekitar 1000 warga Situbondo yang sudah menjalani operasi mata katarak gratis.

”Selain itu, sekitar 10 ribu warga Kabupaten Situbondo, mereka mendapat pelayanan kesehatan  mata gratis dan kacamata gratis, sedangkan sebanyak 100  orang menjalani operasi protessa atau pergantian bola mata palsu,”pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 888 orang akan menjalani  operasi mata katarak gratis, sedangkan sebanyak 3000 warga Situbondo, mereka akan mendapat pelayanan kesehatan mata dan pemberian kacamata gratis LPM Merak Situbondo.(fat)




Loading Facebook Comments ...