Search

Puluhan Pengendara Terjaring Operasi Gabungan Prokes Covid 19

Warga yang terjaring didata dan diberi masker serta menjalani sanksi sosial (das)

Kubu Raya, reportasenews.com – Puluhan warga pengguna jalan di persimpangan Markas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, Lapangan Udara Supadio, terjaring razia masker, Rabu (18/11/2020).

Penguna jalan yang terjaring langsung didata, dan diberi masker gratis. Selain itu, sanksi sosial juga diberikan bagi pelanggar Protokol kesehatan Covid 19, berupa kerja sosial menyapu taman hingga push up.

Upaya ini untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid 19 sekaligus penegakan disiplin, agar masyarakat sadar dan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid di adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid 19.

Beragam alasan disampaikan pelanggar, mulai dari alasan lupa hingga buru-buru keluar rumah.

Namun mereka sadar telah melanggar peraturan dan tidak masalah harus diberi sanksi sosial seperti menyapu.

“Sebenarnya harus rutin razia seperti ini, agar masyarakat tidak lupa. Bagus seperti ini, tidak masalah kerja sosial, saya simpan semua pelanggaran saya, saya tak pakai masker karena buru buru pergi. Saya lupa bawa,” kata Syarif Hartono, warga Kubu Raya.

Di tempat yang sama, Komandan Polisi Militer POM AU Lanud Supadio, Mayor POM TNI Prawoto mengatakan, sanksi seperti ini bukan tindakan, tapi memberikan edukasi bagi masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid 19 ditengah pandemi Covid 19.

“Dari kegiatan ini, terlihat tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid 19 masih kurang. Sanksi seperti ini bukan suatu tindakan, tapi memberikan edukasi dan mengingatkan, dan kita berikan contoh dengan memberikan masker. Karena hanya satu cara mencegah penularan adalah memakai masker,” tegasnya.

Prawoto menegaskan, kegiatan ini untuk melaksanakan perintah Komandan Lanud Supadio, sekaligus menindaklanjuti pimpinan tertinggi dan arahan pemerintah mengingat penularan Covid 19 di Indonesia, khususnya di Pontianak dan Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

“Jadi kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi dan mengingatkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid 19,” ucapnya.
Kita bersinergi dengan TNI, polisi, satpol PP sebagai wujud nyata peran kita menyadarkan masyarakat, pengendalian Covid 19,” imbuhnya.

Masyarakat berharap kegiatan seperti harus terus dilakukan, agar masyarakat terus diingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid untuk menekan penularan Covid 19.(das)




Loading Facebook Comments ...