Search

Puluhan Ribu Siswa SMP dan MTS Situbondo Ikut UNBK  

Pelaksanaan UNBK SMP dan Mts di Kabupaten Situbondo Tahun 2019. (foto:fat)
Pelaksanaan UNBK SMP dan Mts di Kabupaten Situbondo Tahun 2019. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 10.245 siswa SMP dan MTs, baik Negeri maupun Swasta  di Kabupaten Situbondo, mereka  mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  Tahun 2019, Senin (22/4/2019).

Puluhan ribu peserta UNBK  Tahun 2019  tersebut, mereka  berasal dari sebanyak 191 lembaga pendidikan di Kabupaten Situbondo, baik  SMP dan Mts Negeri maupun SMP dan Mts Swasta di Kabupaten Situbondo.

Pantauan Reportasenews.cm  dilapangan,  pada hari pertama pelaksanaan UNBK SMP dan Mts di Kabupaten Situbondo Tahun 2019, dengan mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia itu, dipantau langsung oleh  Fathor Rakhman  selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Situbondo.

Namun, dalam memantau pelaksanaan UNBK SMP dan Mts di Kabupaten Situbondo, Kepala Disdikbud Fathor Rakhman, didampingi Rifan Junaidi  Kasi PD.Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Situbondo, dan Sukarnadi, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Kantor Disdikbud Kabupaten Situbondo.

Usai memantau secara langsung  pelaksanaan UNBK di MTS Negeri 1 Situbondo dan  SMP Negeri 1 Situbondo, Kepala Disdikbud Kabupaten Situbondo Fathor Rakhman mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan UNBK SMP dan Mts Tahun 2019 di Kabupaten Situbondo berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah,  pada  hari pertama pelaksanaan UNBK SMP dan Mts Tahun 2019 di Kabupaten Situbondo, berjalan sukses  dan lancar. Bahkan, pada tahun ketiga pelaksanaan UNBK di Situbondo sudah  hampir sempurna,”ujar Fathor Rakhman, Senin (22/4/2019).

Fathor Rakhman menegaskan,  jika pelaksanaan ujian nasional sekolah setingkat SMP  di Kabupaten  Situbondo bukan hanya  berbasis komputer, namun  pelaksanaan UNBK di Situbondo  juga berbasis gotong royong.”Karena untuk  memenuhi sarana dan prasarana, seperti  komputer atau laptop itu, mendapat bantuan dari para orang tua dari  peserta UNBK  sekolah setingkat SMP di Kabupaten Situbondo,”imbuhnya.

Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Fathor menambahkan, jika pelaksanaan UNBK ini bukan hanya nilai yang  menjadi tujuan utamanya, namun inti dari pelaksanaan UNBK  adalah untuk   membangun integritas dan  karakter para siswa,  dengan hasil murni yang sejujurnya melalui UNBK.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 1 Situbondo Suherman mengatakan, pada  pelaksanaan UNBK Tahun 2019, jumlah peserta UNBK di MTs Negeri 1 Situbondo berjumlah sebanyak 171 peserta, satu peserta mengundurkan diri dengan alasan ikut orang tua.”Selain itu,  pelaksanaan UNBK di MTs Negeri 1 Situbondo dibagi dua sesi, dengan masing-masing sesi sebanyak 85  peserta UNBK,”kata Suherman.(fat)




Loading Facebook Comments ...