Search

Puluhan Tersangka Cyber Dievakuasi ke Jakarta

Puluhan tersangka kejahatan cyber saat tiba di Bandara Sotta Tangerang dan dinaikkan bus menuju Polda Metro Jaya. (foto: sly)
Puluhan tersangka kejahatan cyber saat tiba di Bandara Sotta Tangerang dan dinaikkan bus menuju Polda Metro Jaya. (foto: sly)

Tangerang, reportasenews.com – Tersangka penipuan cyber yang dilakukan oleh warga negara asing asal Tiongkok tiba di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Minggu (30/7).

Puluhan tersangka ini diterbangkan dari Bandara Ngurah Rai, Bali dengan menggunakan Charter Flight Air Bus, dengan nomor penerbangan A-320 PK-LAG (Batik Air ID-7401).

Sesampainya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, para tersangka cyber ini kembali di data dan kemudian dimasukan kedalam bus menuju Polda Metro Jaya.

Kepala Tim (Katim) Tindak Satgas Surabaya, AKBP Susatyo Purnomo mengatakan tersangka penipuan cyber yang dilakukan warga negara asing asal Tiongkok dikawal sebanyak 180 personel. Mengingat tersangka yang cukup banyak, dua tersangka diantaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit Surabaya, karena berusaha kabur dengan melompat dari gedung lantai 2.

Para tersangka dievakuasi ke Polda Metro jaya, dan akan dikumpulkan semua tersangka baik dari Bali, Surabaya, dan Jakarta.

“Modus yang dilakukan oleh tersangka adalah dengan cara menipu dengan melakukan isu-isu kepada para korban kalau mereka tersangkut perkara pidana. Kemudian setelah itu, para korban akan mencari kebenaran aparat penegak hukum yang berakhir dengan meminta agar meringankan hukuman dengan memberikan sejumlah uang,” katanya, Minggu (30/7).

Lanjut AKBP Susatyo bahwa kerugian berdasarkan kordinasi petugas di Indonesia dengan negara Tiongkok untuk satu lokasi mencapai 600 miliar.

“Untuk di Surabaya sendiri sudah mencapai empat lokasi titik penipuan, yang mengakibatkan kerugian mencapai Rp 2,4 triliun. Menurut data yang ada, satu tahun negara dirugikan sampai Rp 5,4 triliun,” tegasnya.(sly)




Loading Facebook Comments ...