Search

Ranggon Hills, Destinasi Wisata Uji Keberanian di Atas Ketinggian

Deden mecoba menaiki sepeda gantung dari atas ketinggian di kawasan wisata Rangon Hill, Gunung Salak Endah, Bogor. (foto(han)
Deden mecoba menaiki sepeda gantung dari atas ketinggian di kawasan wisata Rangon Hill, Gunung Salak Endah, Bogor. (foto(han)

Bogor,reportasenews.com – Kawasan wisata Gunung Salak Endah di Bogor Barat, memiliki beberapa destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Dikawasan wisata ini pengunjung bisa menikmati  keindahan alam seperti air terjun Curug Pangeran, Curug Ngumpet, Curug Cigamea dan beberapa airt terjun lain yang tak kalah menarik di dalam kawasan wisata alam ini.

Selain air terjun kawasan ini juga menyajikan tempat tempat wisata alam lainnya seperti pemandian air panas, Kawah Ratu, Perkemahan dan destinasi lainya yang tak kalah menarik.

Salah satu tempat yang paling digemari pengunjung adalah wisata alam Rangon hill. Wisata alam ini berada di ketinggian sekitar 1100 di atas permukaan laut dengan dikelilingi deretan gunung lain yang mengelilinginya.

Fazrul remaja berusia 17 tahun berfose sambil menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. (foto han)

Fazrul remaja berusia 17 tahun berfose sambil menikmati pemandangan dari atas rumah pohon. (foto han)

Untuk menuju tempat ini pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari wisata alam Curug Pangeran kemudian manaiki jalan setapak dengan kondisi menanjak. Dibutuhkan stamina yang cukup untuk mencapai kawasan wisata ini.

Sepanjang jalan menaiki tanjakan tempat wisata ini pengunjung bisa melihat indahnya hamparan Gunung Salak dari atas ketinggian.

Setelah sampai di kawasan wisata Ranggon Hills ini pengunjung disajikan beberapa tempat yang cukup ekstrem untuk berfose atau atau berselfi dari atas ketinggian sekitar 200 meter lebih dari atas permukaan tanah. Diantaranya rumah pohon, perahu layang, sepeda gantung, dan beberapa tempat lainnya yang kesemuanya berada disisi tebing diatas ketinggian.

Selain itu ada juga tempat untuk duduk duduk santai dengan kursi dan meja yang terbuat dari kayu  sambil menikmati secangkir kopi yang berada persisi disisi tebing. Dari sini kita bisa menikmati indahnya pemandangan..

Bagi pengunjung yang punya keberanian bisa naik atas pohon sekitar 30 meter, namun pohon ini posisinya berada persis di tepi jurang dengan kedalaman sekitar 200 meter lebih. Untuk menaiki pohon ini telah disediakan tanggga yang terbuat dari batang pohon.

Seorang pengunjung wanita berfose diatas perahu layang dari atas ketinggian (foto han)

Seorang pengunjung wanita berfose diatas perahu layang dari atas ketinggian (foto han)

Setelah melewati tangga kemudian pengunjung harus melewati  jembatan sepanjang 10 meter dengan lebar sekitar setengah meter . Untuk menjaga keselamatan pengunjung di bagian sisi kanan dan kiri jembatan ini diberi pengaman. Tepat di ujung jembatan ini disediakan tempat yang terbuat dari kayu dengan ukuran 3 x 3. Uniknya dan bikin nyali agak ciut tempat ini tidak diberi pengaman pada setiap sisinya dan terbuka begitu saja. Tidak heran banyak pengunjung yang tidak sampai bagian ini karena takut melihat ketinggian.

Namun bagi pengunjung yang punya keberanian akan disajikan keindahan yang sangat  fantastis dari atas ketinggian 200 meter dari permukaan tanah hamparan gunung gunung yang berada disekelilingnya.

Selain bisa menikmati keindahan diatas ketinggian ini pengunjung juga bisa mengabadikan gambar dengan berselfi atau berfoto.

Tidak sampai disitu, para pengunjung yang tidak takut pada ketinggian juga  akan disajikan dengan wahana alam lainnya yaitu menaiki sepeda diatas dari atas ketinggian tepat berada ditengah jurang dengan ketinggian sekitar 220 meter dari permukaan tanah.

Para pengunjung diuji keberaniannya dengan menaiki sepeda melewati seutas tali yang dibentangkan dari satu pohon dengan pohon lainnya diatas ketinggian dengan melintasi dasar jurang dibawahnya.

Untuk menaiki sepeda layang ini para pengunjung terlebih dahulu mendaftar kebagian petugas dengan biaya Rp. 10.000 perorang. Setelah itu pengunjung menuju tempat  yang berada ditepi jurang dengan dijaga  oleh dua orang petugas.

Sebelum menaiki sepeda layang ini, pengunjung terlebih dahulu diberi beberapa alat pengaman seperti helm dan tali pengaman (sling) yang disediakan oleh petugas. Setelah dipastikan aman, pengunjung menaiki sepeda yang sudah siap digenjot melintasi bentangan tali baja di ketinggian 220 meter dari permukaan tanah.

Saat sepeda baru mulai melewati bentangan tali diatas ketinggian, tidak sedikit pengunjung yang meminta agar petugas segera menaiknya kembali karena tidak sanggup untuk meneruskannya.  Namun tidak jarang pengunjung yang mengayuh sepedanya melewati bentangan hingga tutas dan kembali lagi ke tempat semula.

Pengunung duduk santai sambil menikmati kopi disebuah korsi yang berada disisi tebing (foto:han)

Pengunung duduk santai sambil menikmati kopi disebuah korsi yang berada disisi tebing (foto:han)

Ada juga tempat-tempat lain dikawasan itu tak kalah menarik untuk menikmati panorama alam dari atas ketinggian, seperti perahu layang. Tempat ini dijadikan tempat untuk berselfi diatas perahu yang terbuat dari bambu yang menjorok ke jurang diatas ketinggian yang sama dengan destinasi lain yang berada di kawasan itu. (han)




Loading Facebook Comments ...