Search

Ratusan Pemuda dan Mahasiswa Papua Gelar Aksi Demo di Mabes TNI dan Depan Istana

Ratusan Mahasiswa dan Pemuda Papua saat menggelar aksi demonstrasi di depan istana. (foto: istimewa)
Ratusan Mahasiswa dan Pemuda Papua saat menggelar aksi demonstrasi di depan istana. (foto: istimewa)

Jakarta,reportasenews.com – Ratusan pemuda dan mahasiswa Papua menggelar aksi demosntrasi di depan Mabes TNI AD, Jakarta Kamis (22/08/2019). Aksi ini digelar terkait aksi pengepungan oleh aparat keamanan dan ormas di asrama mahasiswa Papua di Surabaya beberapa hari lalu.

Dalam aksinya, ratusan demonstran yang menamakan diri Aliasi Mahasiswa anti Rasisme Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme itu meminta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar menangkap aparat diduga pelaku rasisme di Surabaya Sambil  meneriakan yel yel mengecam aksi aparat keamanan yang dianggap berlebihan terhadap rekan-rekan mereka di Asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

Para demonstras dalam melakukan aksinya dengan bertelanjang dada sambil meneriakan berisi kecaman terhadap aparat keamanan, bahkan diantara para demontran ada yang mengibarkan bintang kejora dan mengecat dirinya dengan lambang bintang kejora.

Aksi sempat diwarnai kericuhan saat para demonstran akan berjalan berjalan menuju Istana negara namun di sehantikan oleh aparat gabungan TNI-Polri.Sempat terjadi aksi saling dorong antara para demonstran dengan aparat TNI-Polri saat para demonstrans dipaksa masuk dalam satu barisan.

Salah satu orator aksi, Albert Mungguar, mengatakan rakyat Papua mengecam pernyataan rasis yang menyamakan mahasiswa Papua dengan binatang.

“Kami mengecam pihak keamanan yang berlebihan menangkap teman-teman kami di Surabaya ” kata Albert dalam aksi di depan Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Kamis (22/8). (*)




Loading Facebook Comments ...