Search

Ratusan Perempuan, Periksa Kanker Serviks Gratis

Ibu-ibu saat antre untuk diperiksa oleh petugas medis di Kantor Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Situbondo.(foto: fat)
Ibu-ibu saat antre untuk diperiksa oleh petugas medis di Kantor Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Situbondo.(foto: fat)

Situbondo, reportasenews.com – Sebanyak 140 ibu rumah tangga asal Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Situbondo, mengikuti pemeriksaan kanker mulut rahim (serviks) gratis atau inspeksi visual asam (IVA) tes di Kantor Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Situbondo.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Ketua Tim Penggerak (TP PKK) Kabupaten Situbondo, Hj Umui Kulsum Dadang, turut memantau kegiatan deteksi dini pra kanker serviks gratis atau IVA di Desa Tokelan itu.

Bupati mengatakan, pihaknya sangat bangga dan mengapresiasi terhadap kepala desa (Kades) Tokelan, yang mempunyai komitmen tinggi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya, utamanya dalam meningkatnya derajat kaum perempuan.

”Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat mendeteksi sejak dini kanker serviks di Situbondo. Selain itu, kami juga akan menularkan ke desa lain, agar para Kades yang lain di Situbondo juga mempunyai komitmen tinggi terhadap kesehatan warganya, karena saat ini, di dunia, setiap dua menit ada orang mati akibat kanker,” kata Bupati Dadang Wigiarto SH.

Kepala Puskesmas Panji, Situbondo Bagus Sulaksono mengatakan, dalam kegiatan deteksi dini pra kanker gratis atau IVA yang digagas Ahmad Misuri selaku Kades Tokelan ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 12 petugas medis dari Puskesmas Panji dalam mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim.

“Untuk mensukseskan program tersebut, kami menerjunkan sebanyak 12 petugas medis, karena kanker mulut rahim atau Inspeksi visual asam (IVA) tes ini merupakan upaya dini pencegahan terjadinya kanker serviks bagi kaum ibu,” kata Bagus Sulaksono.

Sementara itu, Ahmad Misuri selaku Kades Tokelan mengatakan, kegiatan deteksi dini pra kanker gratis atau IVA itu mendapat sambutan baik dari warganya. Pasalnya, sebelumnya yang terdaftar sebanyak 133 ibu yang akan diperiksa, namun pada saat pelaksanaan pemeriksaan itu tercatat sebanyak 140 ibu yang datang ke kantor desa.(fat)




Loading Facebook Comments ...