Search

Razia Masker, Pengunjung Masih Tak Patuh Pakai Masker

Petugas gavungan melakuklan razia masker kepada pengunjung Cafe di Kota Pontianak. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com – Warung kopi menjadi sasaran berikutnya dalam razia secara terus menerus untuk menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di kota Pontianak.

Bukan hanya warung kopi, tetapi warung makan serta kafe hingga restoran juga akan didatangi petugas secara serentak dan bergulir setiap malamnya, Sabtu (18/7/2020) malam.
Razia melibatkan unsur gabungan Satpol PP Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kodim 1207/BS, Polresta Pontianak.
Komandan Regu Sat Pol PP Kota Pontianak, Heri menyebutkan tindakan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Pontianak khususnya Sat Pol PP seperti himbauan secara terus menerus dianggap cukup dapat membantu mengendalikan penambahan kasus. Hal ini dapat dilihat dari data kumulatif perkembangan Covid-19 Kota Pontianak.
Ada sekitar 2.000 warkop atau cafe yang dekat dengan jalan besar yang sudah didatangi petugas secara bergiliran.
”Termasuk yang berada di perkampungan dan ditengah pemukiman, perlahan akan disentuh,” jelasnya.
Razia tersebut akan berjalan secara bergulir setiap malamnya di semua kecamatan di kota Pontianak. Seluruh petugas gabungan dari Kodim, Polresta bahkan Koramil dan polsek, serta satpol pp untuk rutin mengelar razia masker dan penerapan protokol kesehatan Covid 19. Warung kopi menjadi sasaran karena ini tempat yang rentan, tempat kumpul-kumpul serta nongkrong.
”Razia ini demi menegakkan disiplin agar masyarakat bisa ikut serta menjaga protokol kesehatan. Buka usaha boleh tentu saja. Tetapi, wajib terapkan protokol,” ucapnya.
Protokol kesehatan yang utama, antara lain, pengunjung dan pedagang wajib menggunakan masker.
Tersedia tempat untuk cuci tangan dan hand sanitizer. Pengaturan tempat duduk juga tak boleh bergerombol alias jaga jarak.
Bila pengelola sudah bisa menunjukkan atau membuktikan bahwa mereka memenuhi protokol kesehatan, akan didata dan diberi sanksi apabila tetap membandel.(das)




Loading Facebook Comments ...