Search

Ribuan Muslim Banjiri Mesjid Nabawi Untuk Itikaf

Shalawat taraweh dan ibadah itikaf di 10 hari akhir Ramadhan/ Arab News
Shalawat taraweh dan ibadah itikaf di 10 hari akhir Ramadhan/ Arab News

Arab Saudi, reportasenews.com – Ribuan umat muslim melakukan sholat tarawih di Masjid Nabawi selama bulan suci Ramadan ini, di tengah pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Raja Salman.

Warga, pengunjung dan jemaah di kota sejak dini berduyun-duyun ke masjid untuk melakukan sholat Isha dan Taraweeh.

Badan pemerintah yang relevan membuat semua upaya yang mungkin dilakukan untuk menyediakan layanan yang diperlukan bagi pengunjung dan jemaah untuk melakukan ritual suci.

Di dalam Masjid Nabi para pejabat mengatur makanan berbuka puasa, sebuah gambar yang familier bagi penduduk Madinah yang mewujudkan persaudaraan. Ini mengungkapkan kebanggaan dan kehormatan mereka untuk dapat menawarkan layanan tersebut kepada pengunjung dan peziarah Umrah.

Selain itu, pengaturan ekstensif dilakukan untuk Qiyamul Layl, atau doa tengah malam, di Dua Masjid Suci dan tempat ibadah lainnya di seluruh Arab Saudi, mulai Kamis kemarin.

Qiyamul Layl di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah umumnya dimulai pada pukul 12:45 pagi, yang berlangsung sekitar dua jam. Doa di bagian lain Kerajaan biasanya dimulai pukul 1 pagi dan berlangsung selama satu atau dua jam.

Qiyamul Layl diadakan selama 10 hari terakhir bulan Ramadan. Untuk memperbaikinya bagi para jemaah di dalam masjid, perusahaan swasta telah dikontrak untuk memelihara masjid di seluruh kerajaan. Mereka telah mempersiapkan staf mereka untuk bertugas sepanjang malam untuk memastikan kelancaran pasokan listrik dan air.

Para donatur secara teratur memasok minuman ringan dan air ke jemaah yang datang untuk menghabiskan waktu mereka di masjid selama sholat tengah malam.

Mohammed Obaidullah, imam di Masjid Sheebani di distrik Nasiriyah, Riyadh, mengatakan kepada Arab News, Selasa bahwa ada enam rakaat dalam tiga pasang, dilanjutkan dengan doa yang terdiri dari tiga rakaat. Dibutuhkan minimal 75 menit untuk menyelesaikan sholat.

10 hari terakhir Ramadhan dianggap sangat penting karena Alquran pertama kali diwahyukan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW disaat malam Laylatul Qadr atau malam dimana turunnya Al Quran mulia. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...