Search

Ribuan  Pelari  Ikuti Ultra Run di Lereng Gunung Argopuro Situbondo

Peserta lomba lari nasional "Situbondo Ultra Run) Tahun 2018. (foto:fat)
Peserta lomba lari nasional "Situbondo Ultra Run) Tahun 2018. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 1.500 pelari dari sejumlah daerah di Indonesia, mengikuti lomba lari nasional “Situbondo Ultra Run) Tahun 2018, yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispar) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (9/12/2018).
Menariknya, kegiatan lomba lari yang dilaksanakan di lereng Gunung Arguporo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo itu, dilepas bersama  oleh Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Reno Widigdyo ketua KONI Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
Ketua Koni Situbondo, Reno Widigdyo mengatakan, para peserta lari Situbondo  Ultra Run Tahun 2018 dibagi empat kelas, yakni kelas nasional, umum, pelajar dan couple atau lari berpasangan.
“Dengan jumlah total  peserta Situbondo Ultra Run  mencapai sebanyak 1.500 peserta,” ujar Reno Widigyo
Menurutnya, untuk kelas nasional para pelari akan menempuh jarak sejauh 35 kilometer dan pelari kelas umum akan menempuh jarak sejauh 25 kilometer.”Sedangkan untuk dikelas pelajar dan couple masing masing akan menempuh jarak sejauh 10 kilometer,”bebernya.
Reno menjelaskan, secara kondisi alam lereng Gunung Argopuro ini sudah sangat memadai untuk sebagai rute Ultra Run.Ini karena Gunung Argopuro sudah dikenal sebagai jalur pendakian terpanjang di pulau jawa. Itu dilakukan karena Gunung Arguporo merupakan  ikon wisata di Kecamatan Sumbermalang.”Masyarakat di sini bersemangat dan membantu kegiatan Ultra Run,” katanya.
Pria yang praktisi hukum ini berharap agar tujuan kegiatan Situbondo Ultra Run tercapai, khususnya di kelas pelajar lokal menemukan atlet yang berbakat untuk dibina.Selain itu,  kegiatan Ultra Run dapat mengenalkan Sumbermalang dalam rangka kunjungan wisata tahun 2019.”Nanti kita akan tingkatkan di kelas nasional dan internasional,” katanya.
Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, kegiatan ini juga untuk mengenalkan tempat wisata Cikasur, yang ditandai dengan kegiatan sport Tourism.
“Ini menunjukkan ada tempat wisata yang cukup bagus, sekalian promosi keluar. Alhamdulillah memenuhi target karena peserta hampir semua dari nusantara ini bisa datang,” ujar Bupati Dadang Wigiarto.
Bupati Dadang Wigiarto menegaskan, kegiatan loma lari ini menandakan ada kesiapan dari masyarakat untuk menyambut kedatangan para wisatawan, dalam tahun kunjungan wisata yang dicanangkan pada tahun 2019 mendatang.
“Kegiatan lomba lari ini untuk menaikan daya saing daerah, meski  masih membutuhkan penanganan lebih lanjut agar kearifan lokal ciri khasnya tumbuh dengan kuat, baik itu berkaitan budaya, seni dan penguatan sosial yang menjadi daya tarik setiap para wisatawan,” pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...