Search

Roadshow KPK RI, Edukasi Masyarakat Situbondo Bangun Anti Korupsi

Ir Agus Fauzi, Asisten I Setdakab Situbondo. (foto:fat)
Ir Agus Fauzi, Asisten I Setdakab Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  RI akan singgah  di Kabupaten  Situbondo, Jawa Timur,   dalam roadshow  KPK RI yang dikemas dalam  ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi’.

Namun,  dalam roadshow tersebut KPK akan membidik ratusan siswa di Kabupaten Situbondo, yakni   mulai dari  tingkat PAUD, TK, SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MK  di Kabupaten Situbondo,  sebagai sasaran kampanye anti korupsi.

Asisten I Setdakab Situbondo Agus Fauzi mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Situbondo, karena dari 38 Kabupaten/Kota  di Jawa Timur, Kabupaten Situbondo dipilih bersama 16 daerah lain untuk disinggahi kegiatan roadshow  KPK RI.

“Kami tidak tahu alasan Situbondo menjadi salah satu bidikan KPK RI dalam kegiatan roadshow tahun ini, namun yang pasti, kami bangga dengan kegiatan roadshow ini,” kata Agus Fauzi, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, KPK RI sengaja membidik kalangan pelajar agar bisa mencegah perbuatan korupsi sejak usia dini.  Oleh karena itu, pihaknya sudah menyiapkan 300 siswa dari perwakilan SMA SMK MA  di Kabupaten Situbondo  dalam sesi pertama untuk menerima edukasi tentang anti korupsi dari KPK RI. ”Nanti siswa itu tidak hanya menerima materi saja, tapi juga diajak nonton film, game interaktif, playday boardgames serta sosialisasi, namun materinya mengarah ke pencegahan anti korupsi,” bebernya.

Lebih jauh Agus Fauzi mengatakan, pada sesi kedua KPK juga akan memberikan materi yang sama kepada 300 siswa dari tingkat PAUD TK SD SMP dan MTs se-Situbondo. Para  kaum milenial  ini, akan menerima sosialisasi diseminasi pendidikan antikorupsi untuk guru PKN serta menerima materi sosialisasi literasi anti korupsi dan aplikasi Jaga.

 “Namu, dalam acara ini tak hanya murid, kalangan pendidik juga akan dilibatkan oleh KPK RI,”imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Situbondo Imam Hidayat  menegaskan,  jika rombongan KPK RI akan tiba di Situbondo  18 Juli 2019  siang. Usai disambut Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan para pejabat teras Pemkab, rombongan KPK yang dipimpinan Penasehat KPK Budi Santoso akan memberikan pengarahan kepada seluruh  pimpinan  OPD  dilingkungan  Situbondo.

 “KPK RI juga akan mengunjungi Intellegence Room (IR)  di Kantor Pemkab Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...