Search

Ruko di Dinoyo Malang Ludes Terbakar

Petugas pemadan kebakaran berupaya memadamkan api dalam musibah kebakaran di rumah toko (Ruko) Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/1). (foto:dif)
Petugas pemadan kebakaran berupaya memadamkan api dalam musibah kebakaran di rumah toko (Ruko) Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/1). (foto:dif)

Malang, reportasenews.com – Kebakaran hebat menghanguskon Ruko (rumah toko) di Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur hangus terbakar. Kebakaran diduga akibat korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian materi diperkirakan hingga puluhan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun, musibah yang terjadi pada Sabtu (20/1) pagi itu berawal dari adanya suara ledakan di salah satu ruko yang ada di Jalan MT Haryono, Kota Malang tersebut. Tidak lama kemudian, kepulan asap mulai muncul hingga merembet ke toko lainnya. Ruko yang terbakar di antaranya toko Sandang Sport Mania dan Spot Station.

Sejmlah kendaraaan pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. (foto dif)

Sejmlah kendaraaan pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. (foto dif)

“Kami sempat mendengar ada suara ledakan. Dan setelah itu ternyata ada percikan api dan langsung cepat menjadi besar,” kata Wahyu, salah seorang saksi pada wartawan.

Ia mengaku, saat itu para karyawan masih mulai berdatangan ke toko sandang Sport Mania . Mengetahui ada kejadian tersebut, ia dengan para karyawan lainnya panik dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api justru semakin besar, sehingga terpaksa lari meminta bantuan.

Mereka juga langsung menghubungi aparat kepolisian dan tidak lama petugas pemadam kebakaran datang. Mereka langsun bergerak memadamkan api dengan mobil pemadam kebakaran tersebut.

Petugas sempat kesulitan, sebab api berkobar sangat hebat. Petugas menerjunkan hingga tujuh unit mobil pemadam kebakaran. Dan, setelah dua jam kemudian api akhirnya berhasil dipadamkan.

Anggota Search and Rescue (SAR) Perindo Kota Malang Agus “Demit” menduga kebakaran ruko itu disebabkan karena arus pendek. Informasi dari salah satu karyawan toko, ada bola lampu yang jatuh dari atas akibat arus pendek di gudang pakaian.

“Ada informasi bola lampu terjatuh, diduga setelahnya terjadi percikan api dan menyambar pakaian hingga menyebabkan kebakaran besar. Namun, pastinya nanti polisi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

1 kebakaran

Kapolsek Lowokwaru Kota Malang, Kompol Pujiono mengemukakan dalam musibah tersebut, polisi masih mendalami penyebab kejadian tersebut. Namun, yang jelas saat ini petugas berhasil memadamkan api serta tidak ada korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun korban material cukup banyak. Sejumlah pakaian dan sepatu ludes terbakar. Bangunan toko juga hancur musibah kebakaran yang cukup hebat itu,” katanya.

Walaupun sudah padam, petugas masih melarang para pegawai untuk masuk ke dalam ruko sebab bara api masih panas. Garis polisi dipasang di sekitar lokasi itu, memastikan orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam ruko.

Sementara itu, arus lalu lintas di sekitar ruko tersebut sempat tersendat. Petugas harus mengaturnya agar tidak mengganggu pemadaman api. Setelah api berhasil dijinakkan, arus lalu lintas kembali lancar. (dif)




Loading Facebook Comments ...