Search

Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Situbondo Bertambah

Jumlah rumah warga yang  rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur  bertambah. (foto:fat)
Jumlah rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur bertambah. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Jumlah rumah warga yang  rusak akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur  bertambah.
Diperoleh keterangan, berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan oleh petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo dan Muspika setempat, jumlah total rumah rusak akibat diterjang angin kencang mencapai 266 unit rumah.
Ratusan rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang tersebut tersebar pada dua desa, yakni Desa Baderan dan Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang, di Desa Baderan, tercatat sebanyak 122 rumah warga yang rusak. Dengan rincian, sebanyak 117 rusak ringan, dan sebanyak lima rumah mengalami rusak berat.
Sedangkan di Desa Taman Kursi, tercatat sebanyak 144 unit rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang. Dengan rincian, sebanyak 124 rumah mengalami rusak ringan, 11 rumah mengalami rusak sedang, sedangkan yang mengalami rusak berat sembilan rumah.
Selain mengakibatkan ratusan rumah warga rusak, namun hujan es yang berlangsung sekitar 15 menit di Kecamatan Sumbermalang, juga mengakibatkan empat sarana umum mengalami rusak ringan, yakni tiga tempat ibadah dan satu gedung madrasah juga rusak akibat diterjang angin putihg beliung.
Sopan Efendi selaku Camat Sumbermalang, Kabupaten Situbondo mengatakan, berdasarkan data sementara yang berhasil dikumpulkan oleh petugas gabungan antara BPBD Kabupaten Situbondo dan Muspika Sumbermalang hingga pukul 22.00 WIB, jumlah rumah rusak terdampak bencana angin puting beliung mencapai 266 rumah.
“Ratusan rumah yang rusak  tersebut tersebar pada dua desa, yakni Desa Baderan dan Desa Taman Kursi, dan tidak menutup kemungkinan jumlah rusak akibat diterjang angin akan bertambah,”ujar Sopan Efendi, saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (18/11/2018).
Menurutnya, untuk memudahkan melakukan pendataan korban terdampak bencana, pada hari ini pihaknya akan mendirikan posko pengaduan. Selain itu, pihaknya juga akan mendirikan posko kesehatan dan dapur umum.”Namun, untuk dapur umum, saya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Situbondo,”pungkas Sopan Efendi.(fat)



Loading Facebook Comments ...