Search

Rusia Diserang Bola-bola Aneh!

Bola-bola salju alami berbagai ukuran menutupi Teluk Ob, Rusia, Sabtu (5/11) / Dok. Sergei Bychenkov
Bola-bola salju alami berbagai ukuran menutupi Teluk Ob, Rusia, Sabtu (5/11) / Dok. Sergei Bychenkov

RUSIA, REPORTASE – Sebuah pemandangan aneh tiba-tiba saja menghiasi pesisir Teluk Ob, di Siberia barat laut, Rusia, Sabtu (5/11). Ribuan bola salju berbagai ukuran muncul dan menutupi pantai-pantai, yang membentang sepanjang 18 kilometer.

Bila dilihat sekilas, bola-bola itu mungkin tampak seperti hasil ciptaan manusia yang mengejar sensasi belaka. Namun, sebenarnya ada penjelasan ilmiah mengenai proses pembentukan bola-bola, yang disebut berukuran dari sebesar bola tenis hingga berdiameter satu meter itu.

Fenomena ini adalah hasil dari proses lingkungan aneh, saat butiran-butiran es kecil digelindingkan oleh angin dan air, sehingga pada akhirnya membentuk bola-bola salju.

Sergei Lisenkov, Humas Institut Riset Arktik dan Antartika, dalam sebuah wawancara televisi menjelaskan,

“Awalnya, fenomena ini diawali oleh hujan salju biasa. Lalu, datanglah kombinasi antara efek angin,  bentang alam pesisir pantai, serta suhu dan kondisi angin.” terang Lisenkov.

Seorang warga melakukan swafoto di atas bola-bola salju. / Dok. Ekaterina Chernykh

Seorang warga melakukan swafoto di atas bola-bola salju. / Dok. Ekaterina Chernykh

Warga Desa Nyda, yang terletak di atas Lingkar Kutub, mengaku bahwa fenomena ini baru pertama kali terjadi di sana. Momen ini tak disia-siakan oleh mereka, karena banyak yang melakukan swafoto bersama bola-bola itu dan diunggah ke dunia maya. Tentu saja, unggahan foto dan video itu langsung memicu rasa penasaran para pengelana internet di Rusia.

Namun, meski tampak aneh, ternyata fenomena ini tercatat juga pernah terjadi di daerah lain, yaitu di Teluk Finlandia pada Desember 2014 dan Danau Michigan, Amerika Serikat, pada Desember 2015.  (Elias Widhi/dari berbagai sumber)

 




Loading Facebook Comments ...