Search

Salam L untuk Lampung Bermartabat, Bukan Dukung Capres-Cawapres

Presiden Jokowi. (foto: istimewa)
Presiden Jokowi. (foto: istimewa)

Jakarta, reportasenews.com  – Baru-baru ini beredar meme di media sosial yang menggunakan foto Irjen Pol. Ike Edwin dan Brigjen Pol. Tomsi Tohir yang mengacungkan jari telunjuk dan ibu jari. Simbol itu seolah-olah memberi dukungan kepada Capres-Cawapres nomor urut 02 pada Pilpres 2019.

Meme yang viral di media sosial itu adalah hoax atau tidak benar.

Foto tersebut adalah foto lama sebelum ada pengambilan nomor urut Capres dan Cawapres.

Sebenarnya, simbol yang diperagakan kedua Perwira Tinggi Polri itu memiliki makna sama-sama menandakan pernah bertugas di wilayah hukum Lampung.

Dikutip dari laman penaberlian.com, salam “L” adalah salam khas dari Provinsi Lampung. Salam ini pertama kali diperkenalkan oleh Perdana Menteri Kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak Irjen Pol. H. Ike Edwin ketika menjabat sebagai Kapolda Lampung pada 11 Januari 2015 yang waktu itu dilantik oleh Kapolri Jendral Pol. Badrodin Haiti.

Sejak saat itu, salam yang berlambang ibu jari dan telunjuk dengan formasi telunjuk mengarah ke atas sehingga membentuk huruf “L” yang artinya salam Lampung Bermartabat.

Bahkan, meski sudah pindah tugas menjabat sebagai Staf Ahli Polri, demi kecintaannya dengan budaya Lampung, Ike Edwin berhasil menciptakan salam Lampung Bermartabat hingga viral dan mendunia.

Salam “L” yang selama ini dikenal hampir semua kalangan hampir mewarnai di semua sudut penjuru tanah air, bahkan sampai ke mancanegara. Salam L juga viral di dunia jejaring sosial, sehingga Provinsi Lampung dikenal seantero jagat.

Bahkan, wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Lampung, khususnya ke Pesisir Barat dan Lampung Barat belum puas jika belum foto dengan pose salam L.

Seperti ketika wartawan konfirmasi dengan turis asal Amerika beberapa waktu lalu. John mengatakan di komunitas turis Amerika juga ikut mempopulerkan salam “L” yang berada di destinasi wisata baru di Krui yang tak kalah indahnya seperti Pulau Bali.

Lain halnya dengan Datuk Anuar Bin Ab Wahab, ketika wartawan Medianasional berkunjung ke kantornya di Kuala Lumpur, ia turut mempromosikan Salam Lampung di Malyasia. (Tjg)




Loading Facebook Comments ...