Search

Sampah Warga Depok Saat Lebaran Naik 260 Ton 

Tempat pembuangan sampah di Depok. (foto:ltf)
Tempat pembuangan sampah di Depok. (foto:ltf)
Depok,reportasenews.com  – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menyampaikan volume sampah saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah mengalami peningkatan signifikan. Sebab volume sampah yang dihasilkan warga Depok saat itu jumlahnya lebih dari 260 ton jika dibandingkan dengan tiap harinya sekitar 1.000 ton.
Hal itu tentu berpengaruh terhadap kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang semakin crowded. “Iya terjadi kenaikan volume sampah dari hari. Per hari biasanya 1.000 ton, tapi pas Lebaran mencapai 1.260 ton per harinya. Kenaikan ini tentunya sangat berpengaruh karena TPA Cipayung sudah over kapasitas,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan, Iyay Gumilar saat dihubungi, Jumat (7/6/2019).
Iyay menjelaskan, selain sampah rumah tangga, pasar tradisional, maupun swalayan, ada satu lagi penyumbang yang paling besar yakni dari pasar tumpah di 63 kelurahan yang tersebar 11 di kecamatan Kota Depok. Jenis sampahnya pun beragam seperti plastik, sisa makanan, dan sampah pasar. “Tiga item itu yang menghiasi peningkatan volume sampah,” ujarnya.
Meski mengalami peningkatan volume sampah, kata dia, pihaknya masih dapat mengatasi persoalan tersebut. “Masih bisa kami atasi. Kami punya 115 armada dan kurang lebih 900 petugas yang disiapkan. Itu supaya tidak terjadi penumpukan,” tuturnya.
Menurutnya, peningkatan volume sampah bukan hanya terjadi saat Idul Fitri. Namun hal itu juga terjadi saat Ramadhan berlangsung. “Selama Ramadhan (terhitung mulai 6 hingga 15 Mei 2019), sampah yang masuk ke TPA rata-rata 1.560 ton tiap hari. Artinya, terjadi peningkatan sampah sebesar 260 ton/hari atau meningkat 20 % saat Ramadhan,” tandasnya. (jan/ltf)



Loading Facebook Comments ...