Search

Sebanyak 1.259 Dos Surat Suara Pilpres dan DPD RI Tiba di Gudang KPU  

Sebanyak 1.259 dos surat suara untuk Pilpres dan DPD RI, masuk ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 1.259 dos  surat suara untuk Pilpres dan  DPD RI, kembali masuk ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, di Jalan Raya Basuki Rahmad Situbondo, Jawa Timur, Senin (4/3/2019).
Pantauan Reportasenews.com  dilapangan, dengan diangkut tiga truk jenis boks, sebanyak 1.259 dos surat suara untuk Pilpres dan DPD RI tiba di KPU Kabupaten Situbondo. Degan total surat suara yang dikirim sebanyak 1.007.297 surat suara. Dengan rincian, surat suara Pilpres sebanyak 504.262 lembar, sedangkan surat suara DPD RI sebanyak 503.033 lembar.
Namun, sebelum surat surat untuk Pilpres dan  DPD RI disimpan di gudang KPU Kabupaten Situbondo, dilakukan penyerahan secara simbolis surat suara oleh petugas percetakan PT Temprina Jember kepada Marwoto selaku ketua KPU Kabupaten Situbondo.
Bahkan, penyerahan secara simbolis surat suara untuk Pilpres dan DPD RI tersebut, disaksikan langsung oleh anggota Bawaslu Kabupaten Situbondo,  dan juga disaksikan langsung oleh  petugas Polres Situbondo.
Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, untuk pengiriman tahapan ketiga itu, berisi surat suara untuk Pilpres dan surat suara untuk DPD RI.”Namun, dengan adanya pengiriman tahap ketiga, sehingga seluruh logistik  surat suara di KPU Situbondo sudah lengkap,”ujar Marwoto, KPU Kabupaten Situbondo, Senin (4/3/2019).
Menurutnya, meski seluruh jenis surat suara untuk Pemilu serentak,  yang diagendakan  pada 17 April 2019 mendatang sudah lengkap, mulai dari DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI, serta Pilpres.
“Namun, jumlah pengiriman dari masing-masing jenis surat suara itu masih kurang 1.229 surat suara, karena KPU RI salah dalam penghitungan 2 persen untuk surat suara cadangan. Bahkan, kekurangan surat suara cadangan ini terjadi secara nasional,”bebernya.
Lebih jauh Marwoto menegaskan, karena seluruh jenis surat suara untuk Pemilu serentak tahun 2019 sudah lengkap, sehingga mulai besok (Selasa red-) akan dilakukan penyortiran surat suara.”Namun, untuk mempercepat proses penyotiran surat suara tersebut, kami akan melibatkan puluhan warga di Kota Situbondo,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...