Search

Sedikitnya 16 Calon Jamaah Haji Pasuruan Terancam Gagal Berangkat

Calon Jamaah Haji  yang akan berangkan menuju tanah suci tahun lalu. (foto : abd)
Calon Jamaah Haji yang akan berangkan menuju tanah suci tahun lalu. (foto : abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Belasan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Pasuruan, Jawa Timur, terancam tertunda keberangkatannya pada 2017 ini, lantaran mereka belum melunasi biaya pembuatan paspor untuk keberangkatan haji. Selain itu, jadwal pembuatan paspor sendiri sudah rampung dan tak ada perpanjangan lagi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pasuruan melalui Kasih Haji dan Umrah M Ismail mengatakan jumlah CJH dari Kota Pasuruan tahun ini mencapai 241 orang. Dari ratusan CJH itu, 234 CJH lainnya sudah melengkapi administrasi dan memiliki paspor. “Sisanya yakni 7 orang sudah melengkapi kartu KK, KTP, kartu perekamam. Namun, paspornya belum keluar, ”kata Ismail, Senin (17/7).

Tentu saja dari ke-16 dari 234 terancam gagal berangkat ke tanah suci. Sebab, hingga batas yang sudah ditentukan untuk pembayaran biaya pembuatan paspor pada pertengahan Juni lalu, belasan CJH belum melakukan pelunasan. “Kami pastikan CJH yang belum melunasi biaya pembuatan paspor bukan mengundurkan diri, melainkan adanya trobel pada sistem jaringan, “beber dia.

Terkait masalah ini, pihaknya sudah memberitahu ke Kemenag pusat dan menunggu intruksi selanjutnya untuk CJH yang gagal berangkat tersebut.

“Kami sudah melaporkan ke Kemenag pusat . Memang ke-16 CJH belum melunasi, meski sudah diingatkan. Tapi pemerintah pusat mentolerir. Sudah kami sampaikan ke pihak bank, dan mereka akan segera melakukan pelunasan, “imbuhnya. (abd)

 




Loading Facebook Comments ...