Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 30 Sep 2020 21:29 WIB ·

Seekor Trenggiling Diserahkan Kasat Reskrim Mempawah ke BKSDA Kalbar


					Seekor satwa langka yang terancam punah,Trenggiling (Manis javanica) diserahkan langsung  oleh Kasat Reskrim Mempawah, M. Resky Rizal didampingi anggotanya kepada BKSDA Kalimantan Barat. (foto:ist) Perbesar

Seekor satwa langka yang terancam punah,Trenggiling (Manis javanica) diserahkan langsung oleh Kasat Reskrim Mempawah, M. Resky Rizal didampingi anggotanya kepada BKSDA Kalimantan Barat. (foto:ist)

Pontianak, reportasenews.com – Seekor satwa langka yang terancam punah,Trenggiling (Manis javanica) diserahkan langsung  oleh Kasat Reskrim Mempawah, M. Resky Rizal didampingi anggotanya kepada BKSDA Kalimantan Barat, Rabu (30/9/2020) siang tadi.

“Ini sesuatu kehormatan bagi kami, dan patut diapresiasi langkah penyelamatan satwa langka yang dilakukan Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP M.Resky Rizal beserta beberapa anggota dari Satreskrim pagi tadi,  mendatangi kantor kami,  bukan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi menyerahkan langsung satwa ini kepada kami untuk tentunya dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” kata Kasubbag Tata Usaha BKSDA Kalbar,  Lidia Lilly, didampingi  Ketua Tim Wildlife Rescue Unit.

Lidia Lilly mengatakan  satwa ini selanjutnya akan mendapatkan perawatan sementara, kemudian treatment selanjutnya  dilepasliarkan kembali ke alam.

Saat diserahkan oleh Kasat Reskrim Polres Mempawah, seekor Trenggiling (Manis javanica) diserahkan oleh Kasat Reskrim kepada BKSDA Kalbar dengan menggunakan kandang besi.

Singkat cerita, Trenggiling adalah salahsatu satwa ordo Polidotha, pemakan semut dan serangga ini terperangkap di sebuah kolam oleh warga di wilayah Kabupaten Mempawah.

Satwa yang sudah mulai langka ini kemudian diserahkan ke pihak Kepolisian Resor Mempawah oleh warga.

“Mengingat bahwa tugas penanganan satwa liar merupakan otoritas BKSDA, Satuan Reskrim Polres Mempawah akhirnya menyerahkannya ke BKSDA Kalbar,” jelas Lidia Lilly. 

“Semoga dengan semakin terjalinnya kerjasama antar pihak, tugas-tugas konservasi akan semakin ringan,” imbuhnya. (das)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ditengah Bergulirnya Sidang Sengketa Pilpres, Cak Imin Silaturrahim Kiai Kholil

19 April 2024 - 05:23 WIB

Pasca Libur Lebaran, Ratusan Pemudik Mulai Berdatangan Melalui Terminal Bus Alam Barajo Jambi

18 April 2024 - 17:27 WIB

Bandar Ekstasi Dibekuk Satuan Narkoba Polres Binjai 

18 April 2024 - 16:20 WIB

Pasca Lebaran, BBM di Kabupaten Kapuas Hulu Sempat Alami Kelangkaan

18 April 2024 - 16:14 WIB

Tiga Lokasi Tenpat Perdagangan Narkoba Dirobohkan Polres Binjai.

18 April 2024 - 10:22 WIB

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi

18 April 2024 - 05:18 WIB

Trending di Daerah