Search

Semarak Peluncuran  Pilkada Jabar

Launching Pilgub Jabar (foto:ist)
Launching Pilgub Jabar (foto:ist)

Bandung, Reportasenews.com – Sedikitnya   tiga ribu anggota  (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) dari seluruh Jawa barat hadir dalam gebyar   Peluncuran Pemilihan Gubernur Jabar , di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga)  Bandung, selasa  (5/11/2017) malam.

Dalam launcing Pilkada bertema “Medal Munggaran Pilgub Jabar 2018” tersebut selain dihadiri  para komisoner KPU dan komisoner  KPUD Jawa Barat,   hadir pula Gubernur Jawa barat Ahmad Heriawan,  para Kepala Daereh dan perwakilan partai politik .

Suasana  begitu semarak  dengan sajian acara yang  kental  dengan warna  budaya Sunda, Jawa serta Betawi.  Nuansa kebhinekaan dan persatuan pun melengkapi acara dimulainya Pilkada Serentak di Jawa Barat tersebut .

Launching Pilgub ini sekaligus peluncuran tagline KPU Jabar dalam menyambut Pilkada Serentak. Tagline tersebut adalah “Pilgub Jabar SEMARAK, Pilkada Serentak GEMBIRA”. SEMARAK berarti Semangat, Mandiri, Ramah dan Aksesibel. Sementara GEMBIRA berarti Gerakan Membangun Demokrasi yang Bermartabat dan Adil.

Menurut Nina Yuningsih, Ketua Panitia Launching Pilgub Jabar, tagline tersebut diambil karena ingin menciptakan Pilgub Jabar yang berlangsung semarak dan gembira. Semangat tersebut ditanamkan di tengah fenomena masyarakat yang cenderung terkotak-kotak serta mudah terhasut di setiap pelaksanaan Pilkada.

“Kita tidak ingin adanya konflik karena perbedaan. Apalagi Provinsi Jabar sangat majemuk dan dihuni warga yang berbeda-beda mulai dari suku, agama dan budaya,” tegas Nina

Pilgub Jabar Bisa Jadi Contoh

Ketua KPU RI Arief Budiman berharap pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018 menjadi percontohan bagi daerah lain yang akan menggelar pilkada serentak pada 2018. Bahkan, lebih jauh diharapkan pilgub di Jawa Barat menjadi contoh bagi daerah lain dalam segala hal kesiapannya.

“Mudah-mudahan pilgub di Jawa Barat bisa jadi contoh bagi pelaksanaan pilkada di 170 daerah lain pada 2018,” kata Arief

Dia mengungkap, beberapa hal penting terkait pilgub. Pertama adalah soal aturan, KPU Jawa Barat sudah memiliki regulasi untuk mengatur segaka hal terkait pilgub.

Kedua adalah soal anggaran, KPU Jawa Barat sudah siap menggelar pilgub karena anggaran dari Pemprov Jawa Barat sudah cair.

Yang ketiga, dia juga melihat jumlah komisioner KPU di kabupaten/kota se-Jawa Barat sudah lengkap. Hal lainnya adalah dukungan eksekutif/legislatif TNI, Polri, hingga kandidat dan partai. Dengan terpenuhinya berbagai unsur yang ada, Arief berharap Pilgub Jawa Barat berjalan lancar. (*)




Loading Facebook Comments ...