Search

Senjata yang Digunakan Menembak Bripka Rahmat Efendy Berjenis HS-9

Senjata api jenis HS-9. (foto:ist)
Senjata api jenis HS-9. (foto:ist)

Depok,reportasnews.com – Senjata api (senpi) yang dipergunakan Brigadir Rangga Tianto (32) untuk menembak Bripka Rahmat Efendy di ruang SPKT Polsek Cimanggis pada Kamis (25/7/2019) malam berjenis HS-9 yang merupakan miliknya.

Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Zulkarnain Adinegara mengungkapkan, anggotanya memang dibekali senpi jenis HS-9 yang kini dijadikan sebagai barang bukti oleh penyidik Dirkrimum Polda Metro Jaya. “Itu memang senjata dinas, tapi apakah yang bersangkutan sudah ada izin atau tidaknya saya belum dapat laporan. Jenis HS ya,” ucap Zulkarnain di Tapos, Depok, Jumat (26/7/2019).

Dia menjelaskan, seluruh anggota Polri yang memiliki senpi dipastikan telah melalui sejumlah prosedur, termasuk tes psikologis. Akan tetapi, dirinya memastikan Rangga yang kini mendekam di jeruji Polda Metro Jaya bersalah lantaran menggunakan senjata dinas saat tak bertugas. “Kan dia lagi tak bertugas, seharusnya tidak boleh bawa senjata. Kecuali tugas, misalnya lagi patroli di laut. Lagi diperiksa apakah ada surat izinnya,” katanya.

Terkait surat izin kepemilikan senpi Rangga, kata Zulkarnain, sedang ditangani Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

Sedangkan mengenai kasus pidana menghilangkan nyawa orang lain masih ditangani Dirkrimum Polda Metro Jaya. “Pidana umumnya di Dirkrimum, untuk etika dan disiplinny di Propam. Mungkin bisa dipastikan di pecat, tapi melalui sidang kode etik terlebih dulu,” pungkasnya. (sbr)




Loading Facebook Comments ...