Search

Sensor Baru di Medsos Cina Tidak Boleh Nama: ‘Disney’, ‘Wheel of History’, dan ‘Personality Cult’

xi jin

Cina, reportasenews.com – Bulan depan, Cina akan mengubah konstitusi untuk membuang batas waktu 5 tahun untuk kepresidenan. Langkah memperbaharui UU tersebut membuka jalan bagi presiden saat ini, Xi Jinping, untuk menjadi pemimpin seumur hidup, ini akan mengundang banyak kritikan pedas diranah medsos.

Karena itu sensor internet Cina dipastikan akan bekerja lembur untuk menghapus komentar yang meremehkan tentang keputusan tersebut, atau menghina kepemimpinan Xi Jinping.

Sensor ditengarai akan menghapus kata-kata baru yang dilarang, seperti “Disney”, “ubah undang-undang,” dan “Brave New World.”

China Digital Times, situs berita berbahasa Inggris yang tidak disensor memiliki daftar istilah terbaru yang telah diblokir di internet Cina. Penyensoran mencakup segala hal mulai dari layanan seperti Weibo (versi Cina Twitter), hingga WeChat (layanan pesan teks terpopuler di Cina dengan lebih dari 902 juta pengguna aktif setiap hari).

Daftar istilah terlarang terbaru ada di bawah ini:
* The Emperor’s Dream (Mimpi Seorang Kaisar) – Film animasi berdurasi 35 menit dari tahun 1947 menceritakan kisah Chiang Kai-Shek dan kendalinya sebagai boneka orang Amerika. Chiang digulingkan pada akhir 1940-an oleh Mao Zedong dan melarikan diri ke Taiwan.
* Disney – Pengguna internet Cina meledek sosok bentuk tubuh Presiden Xi Jinping menjadi meme dari sosok kartun Winnie the Pooh pada tahun 2013, dan sejak itu sosok Beruang kuning Pooh telah dibredel habis diranah medsos. Menyamakan presiden Cina dengan Winnie the Pooh dianggap menjatuhkan kewibawaan Xi Jinping.
* Roll up + sleeves – Xi berkomentar baru-baru ini, “Selama 1,3 miliar orang ditambah kita disatukan untuk tujuan bersama, selama Partai berdiri bersama-sama dengan orang-orang dan kita menggulung lengan baju untuk bekerja lebih keras, kita pasti akan berhasil di bulan Maret yang panjang dari generasi kita. ”
* Chinese Emperor stock – Setelah pengumuman bahwa Cina akan merubah batas waktu berkuasa untuk presiden, pasar saham Cina mulai membeli saham dengan istilah “kaisar,” menurut China Digital Times. Penyebutan “kaisar” itu bisa menjadi olok-olokan pedas gila kuasa dan tidak mau pensiun.
* Oppose Qing, restore Ming (Lawan Kaisar Qing, Pulihkan Kaisar Ming) – Sebuah slogan dari orang-orang yang menentang dinasti Qinq. Sebuah sindiran pedas bahwa raja tidak mau pensiun dan ingin terus berkuasa.

winnie-05

* Kultus kepribadian – Sebuah referensi tentang bagaimana pemimpin otoriter menyusun citra yang menuntut pemujaan dan kesetiaan yang tak diragukan lagi.
* Roda sejarah – Sebuah istilah yang umum terjadi dalam budaya dan agama di mana waktu dipandang mengulanginya sendiri, digunakan dalam konteks pembangkang sebagai pembatasan liberalisasi China.
* Dream of Return to the Great Qing – Judul sebuah buku yang terbit di Cina pada tahun 2006. Sebuah metafora yang meledek pemimpin gila kekuasaan.
* Mengubah hukum – Referensi untuk pengupasan batas masa berkuasa untuk kepresidenan.Jika kalimat ini dibiarkan di medsos dikhawatirkan akan dipakai sebagai ledekan menghina pemimpin mereka.
* Big River, Laut Besar 1949 – Judul buku tahun 2009 yang diterbitkan di Taiwan yang dipandang subversif oleh pemerintah China.

Disney tidak bisa terlalu senang melihat namanya masuk dalam daftar, mengingat fakta bahwa raksasa hiburan tersebut tidak hanya memiliki taman hiburan di Hong Kong, namun baru-baru ini membuka taman Disney pertamanya di Cina daratan, yang disebut Shanghai Disneyland.

Tapi Disney tidak bisa mengendalikan apa yang diputuskan internet sebagai simbol perlawanan revolusioner. Bisa jadi nasib Winnie the Pooh di Shanghai Disneyland juga akan diberangus oleh sensor. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...