Search

Setara: Kasus Rizieq Shihab Bukti Polri Bertindak Cepat

Ketua Setara Institut Hendardi
Ketua Setara Institut Hendardi

Jakarta, reportasenews.com- Setara Institute mengapresiasi tindakan cepat dari Polda Jawa Barat menetapkan Rizieq Shihab (RS) sebagai penista Pancasila. Namun kasus penghinaan simbol negara merupakan proses hukum biasa yang tidak perlu mengundang reaksi dan kegaduhan berlebihan.

“Penyidik Polda Jabar diyakini bekerja profesional dan didasarkan pada alat bukti yang cukup. Karena itu biarkanlah proses hukum bekerja,” kata Ketua Setara Institure Hendardi, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (31/1)

Penetapan RS dalam konteks penanganan ketertiban sosial yang dalam beberapa bulan terakhir terganggu, dapat dipandang sebagai bagian dari upaya Polri menjalankan mandatnya menjaga keamanan, ketertiban, dan perlindungan masyarakat.

“Langkah Polri juga sekaligus menjawab keraguan publik pada independensi penegak hukum yang dalam beberapa pekan memperoleh tekanan demonstran yang menentang proses hukum atas banyak dugaan tindak pidana yang dilakukan RS,” jelas Hendardi.

Sementara Polri bekerja, masyarakat sebaiknya tidak perlu terbawa hasutan-hasutan destruktif dengan anggapan bahwa ada praktik kriminalisasi. Siapapun warga negara, jika diduga melakukan tindak pidana harus dipandang sama di mata hukum. (one)




Loading Facebook Comments ...