Search

Setnov Divonis  15 Tahun Penjara

Mantan Ketua DPR-RI Setya Novanto divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim tindak pidana korupsi. (foto:istimewa)
Mantan Ketua DPR-RI Setya Novanto divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim tindak pidana korupsi. (foto:istimewa)

Jakarta,reportasenews.com – Terdakwa kasus mega korupsi proyek KTP Elektronik, Setya Novanto divonis 15 tahun penjara dan denda sebesar 500 juta rupiah serta diwajibkan mengganti kerugian negara sebesar 7,3 juta dolar AS oleh Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (24/4).

Sidang Pembacaan putusan terhadap terdakwa Setya Novanto ini dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Yanto dan anggota manjelis Frangki Tambuwun, Emilia DjajaSubagja, Anwar dan Ansyori Syaifuddin.

Dalam sidang putusan ini Ketua Majelis Hakim menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Setya Novanto 15 tahun penjara serta mengganti kerugian negara sebasar 7,3 juta dolar AS. Vonis ini lebih ringan satu tahun dari yang dijatuhkan oleh  Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya yakni dengan hukum 16 tahun penjara. Selain itu Majelis Hakim juga mencabut hak politik Setnov selama 5 tahun

Mantan Ketua DPR-RI dan juga politisi parti Golkar ini ini dinyatakan terbukti bersalah dan secara meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana korupsi untuk memperkaya diri mapun kelompok sehingga negara dirugikan sebesar 2,3 triliun Rupiah

Atas keputusan ini terdakwa Setya Novanto maupun Jaksa penuntut umum menyatakan  pikir-pikir.  Majelis Hakim memberikan batas waktu satu minggu kepada terdakwa untuk memberi jawaban apakah menerima atau banding atas keputsan tersebut. (han)




Loading Facebook Comments ...