Search

Setyo Novanto Sebagai Tersangka, Bagaimana Posisinya Sebagai Ketua DPR RI?

Ketua DPR RI, Setya Novanto. (foto. istimewa)
Ketua DPR RI, Setya Novanto. (foto. istimewa)

Jakarta, reportasenews.com – Terkait penetapan tersangka tehadap Ketua DPR RI Setyo Novanto oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, mendapat tanggapan beragam.

Komisionar ICW, Donal Fariz mengatakan, penetapan ini sangat tepat dan harusnya yang bersangkutan mundur dari jabatannya sebagai ketua DPR RI.

“Pengunduran diri Setyo Novanto dari kursi pimpinan DPR RI sangat penting untuk menghidari penyalah gunaan kewenangan dan konflik kepentingan” ujar Fariz.

Fariz juga berharap partai Golkar bisa mengambil keputusan yang tepat sesuai kewengannya yang bisa melakukan penggatian antar waktu terhadap pimpinan DPR yang telah ditetapkan sebagi tersangka.

Sementara itu Wakil Ketua DPR, Fadlizon akan meminta klarifikasi terlebih dahulu kepada KPK terkait penetapan tersangka terhadap ketua umum Partai Golkar Tersebut.Menurutnya, meski berstatus sebagai tersangka, berdasarkan Undang-undang MD3, Setya Novanto tetap masih berstatus anggota dewan.

“Kalau yang menyangkut pimpinan tentu tergantung partai atau fraksi. Kalau fraksi tetap memberikan keleluasaan kepada pimpinan, dalam posisi pimpinan saya pikir tidak ada masalah selama belum inkrah kecuali dari partainya mengajukan pergantian,” jelas Fadlizon.(dik)

 




Loading Facebook Comments ...