Rabu, 18 Januari 2017

Sodoran, Tradisi Peringati Hari Raya Karo Tahun Saka 1938

Sodoran, Tradisi Peringati Hari Raya Karo Tahun Saka 1938
Ritual Sodoran

PROBOLINGGO, -RN.COM – Warga suku tengger di lereng  Gunung Bromo memiliki tradisi unik untuk merayakan bulan kedua tahun saka atau karo.

Tradisi sodoran memperingati hari raya karo tahun saka 1938 kali ini digelar di Desa Jetak Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Layaknya sebuah prosesi perkawinan jawa, rombongan pemelai pria melakukan arak-arakan menuju pelaminan. Dengan membawa sejumlah Pusaka dari suku Tengger yang sudah berusia ratusan tahun.

Rombongan pemelai laki-laki tahun ini berasal dari desa Jetak yang dipertemukan dengan rombongan pemelai wanita dari desa Ngadisari.

Kedua rombongan itu kemudian menuju kursi pelaminan,  dimana telah berkumpul sejumlah warga dengan pakaian adat lengkap dengan berbagai macam sesajinya.

Ritual dilanjutkan dengan mensucian pusaka tengger, berupa pusaka Gayuh, Tanduk Banteng dan tombak atau sodor yang berusia ratusan tahun.

Setelah seluruh ritual pembuka digelar, tarian sodoran pun dimulai. Beberapa orang warga dari kedua desa menari berlenggak lenggok. Sambil mengacung-acungkan tanduk banteng.  Dalam beberapa putaran pasangan penari itu,  kemudian mengganti tanduk Banteng dengan tombak pusaka.

Puncak dari tari sodoran adalah penampilan rombongan kedua pemelai. Seluruh ritual ini menggambarkan penciptaan benih Bopo laki-laki dan Babu wanita oleh sang Hyang Widi di jagat raya.

Ditengah acara berlangsung, rombongan ibu rumah tangga dengan pakaian adat lengkap menghantar makanan “Ater Lawuh”.

“Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1790 itu hingga sekarang. Ini merupakan peninggalan warisan budaya turun temurun mengisahkan awal mula pencintaan manusia berpasang pasangan antara laki-laki dengan perempuan,”aku Siswoyo sesepuh Suku Tengger di lereng Gunung Bromo. (fiq)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...