Search

Sony RX 100V dan Alpha 6500 Siap Merangsek Pasar Bulan Ini

Sony RX 100V & Alpha 6500
Sony RX 100V & Alpha 6500

JAKARTA, REPORTASE – Sony baru saja memperkenalkan dua kamera andalan terbaru: Sony Cyber-shot RX100 V dan Alpha 6500. Generasi kamera saku kompak Sony RX 100V ini menyodorkan janji klaim ‘kamera responsif tercepat di dunia’, termasuk kecepatan auto-focus dan kecepatan pengambilan gambar terus menerus.

Sony RX 100 V ini dilengkapi dengan sistem AF Hybrid Super Cepat yang menggabungkan deteksi fase focal-plane dan deteksi kontras untuk mengunci fokus hanya dalam 0,5 detik. Untuk kecepatan pemprosesan imaji,  juga telah ditingkatkan di front-end LSI yang bekerja dengan otak Sony BIONZ X mesin pengolahan gambar dan auto-focus, memakai sistem embedded yang berguna untuk shoot terus menerus pada kecepatan hingga 24fps pada resolusi 20.1MP penuh hingga 150 bidikan.

Kamera saku terbaru Sony Cyber-shot RX100 V ini juga termasuk kamera dengan kecepatan tinggi yakni kecepatan maksimum 1 / 32.000 detik,  Anti-Distortion Shutter. Menurut Sony, fungsi ini meminimalkan efek ‘shutter rolling’ yang sering dialami saat menangkap subjek yang bergerak cepat.

“Unjuk kinerja sehebat seperti ini belum pernah ada dalam dalam produk kamera saku kompak, hanya Sony Cyber-shot RX 100 V yang mampu mengubah kamera saku bisa sehebat ini,” ulas Neal Manowitz, Wakil Presiden Digital Imaging di Sony, demikian dikutip PCMag.

Perangkat juga dijejali dengan berbagai fitur video profesional papan atas, yakni kelas 4K shooting, 120 p HD mode Full HD, fungsi slowmo untuk menangkap gerakan lambat, Profil Picture, dan sebagainya. Pengguna juga bisa bebas secara manual memilih frame size dari film yang direkam untuk menyimpan sebagai gambar yang terpisah, 8MP di 4K dan 2MP di HD.Wi-Fi- dan NFC-kompatibel juga disesapkan didalam otak kamera ini.

Selain kamera saku kompak, maka kali ini bersamaan mereka juga melepas model teranyar kamera mirrorless, namanya Sony Alpha 6500. Kamera satu ini juga diklaim memiliki autofocus yang sangat cepat dan cocok untuk fotografi olahraga, dilayar sentuhnya juga disediakan fasilitas focus dengan tap sentuhan ujung jari agar memudahkan user memilih area focusing dengan nyaman, ini mirip dengan cara focusing dilayar smartphone.

Sony Alpha 6500 memakai sensor APS-C dari Sony dengan menambahkan 5-axis image optical stabilization diotaknya, serta  kompensasi shutter-speed. Kemampuannya menembak gambar sampai dengan 11fps atau sekitar 307 frame.

“Unit camera ini akan membuat fotografer dan videographers mempunyai kontrol yang lebih baik dalam proses kreatif mereka saat menggunakan alat ini bekerja dilapangan,” kata Manowitz.

Harga kamera Sony Alpha 6500 sekitar US $ 1.400, kamera dengan opsi gonta ganti lensa secara bebas, akan masuk disemua toko kamera diwilayah  Amerika Utara pada bulan November dan akan dibundel dengan pelindung bodi dari kulit.  Sedangkan untuk Sony Cyber-shot RX100 V akan dipasarkan bulan ini dengan harga estimasi US $ 1.000. Sedangkan untuk Asia Tenggara belum ada kabar kepastian kapan akan masuk dipasaran dalam waktu dekat. (HSG/ PCMag)




Loading Facebook Comments ...