Search

Sukseskan Pemilu 2019, Bawaslu Gandeng Unars Situbondo

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, denganUniversitas Abdurachman Saleh (Unars), dalam Minggu, (10/3). (Foto/fat)
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, denganUniversitas Abdurachman Saleh (Unars), dalam Minggu, (10/3). (Foto/fat)

Situbondo, Reportasenews.com – Untuk mensukseskan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, menggandeng Universitas Abdurachman Saleh (Unars) dalam melakukan pengawasan, Minggu, (10/3/2019).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Aula lantai II Unars Situbondo itu, diandatangani langsung ketua Bawaslu Situbondo Murtapik dengan  Rektor Unars  Situbondo Martono Achmar, dengan disaksikan langsung oleh  Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Situbondo, dan Polres Situbondo, para dekan Unars Situbondo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik mengatakan, jika penandatangan MoU ini sebagai bentuk tanggungjawab bersama antar Bawaslu dan Unars Situbondo, dalam melakukan pengawasan partisipatif, sehingga terwujud pelaksanaan Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Situbondo.

“Dengan tujuan utama, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan  pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu serentak  tahun 2019 di Kabupaten Situbondo,” kata Murtapik.

Menurutnya, selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, namun MoU ini  juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi tentang pendidikan politik bagi mahasiswa, agar ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu  serentak  Tahun 2019.

“Tentu kita ingin mendorong masyarakat khususnya para mahasiswa agar berperan aktif melakukan pengawasan hingga terjadi peningkatan partisipasi dalam pengawasan pemilihan umum di Situbondo,”bebernya.

Pria yang akrab dipanggil Lopa menambahkan, Bawaslu Situbondo siap memberikan pendampingan, sosialisasi, layanan konsultasi dan memberikan supervisi atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak kampus.

“Termasuk kita akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk peningkatan pengawasan pemilu partisipatif, sepanjang pengawasan  itu tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,”pungkasnya.

Pantauan Reportasenews.co  dilapangan, selain  penandatanganan MoU,  Bawaslu Situbondo juga melakukan  kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019, dan Deklarasi “Pemilu Cerdas Tanpa Politik Uang, Pemilu Damai Tanpa Hoax”, yang seluruh pesertanya dari mahasiswa berbagai fakultas di Unars Situbondo.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...