Search

Suku Baduy Ikut Merayakan HUT RI di Istana Merdeka

Empat generasi muda Suku Baduy diundang khusus mengikuti detik-detik Proklamasi RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8) (Foto-foto: Rolando Edmond)
Empat generasi muda Suku Baduy diundang khusus mengikuti detik-detik Proklamasi RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8) (Foto-foto: Rolando Edmond)

Jakarta, reportasenews.com-Empat anak muda generasi muda Suku Baduy, Kanekes, Pandenglang, Banten, menghadiri detik-detik Proklamasi HUT RI-72 di Istana Merdeka, Kamis (17/8) pagi ini. Kedatangan perwakilan Suku Baduy itu diinisiasi oleh Rolando Edmond Ernst, salah satu tokoh pendaki gunung dan pengembara tahun 1970-an.

“Mereka adalah anak Indonesia, saudara kita dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari NKRI,” kata Edmond, salah satu pendiri organisasi pendaki gunung Tanah Raga Air Madya Pancasila (TRAMP).

WhatsApp Image 2017-08-17 at 07.10.04

Keempat anak muda Suku Baduy ini, menjadi daya tarik sejumlah media massa karena mereka masih tidak mengenakan alas kaki dan pakaian khas warna hitam dan ikat kepala warna biru.

Edmont telah menjelajahi Kawasan Baduy sejak 1970, ketika Suku Baduy masih dianggap sebagai kelompok suku terbelakang dan ditakuti di Jawa Barat karena kemisteriusan gaya hidupnya. Pendekatan personal yang dilakukan secara pribadi dengan tokoh ada Baduy Puun (kepala suku) Janol, membuka akses masyarakat Baduy kepada orang luar.

“Saya bangga dengan generasi Baduy, yang tetap memelihara tradisi namun tidak melupakan ke-Indonesianya,” tutur Rolando. (tat)




Loading Facebook Comments ...