Search

Sungai Meluap, 60 Rumah di Desa Wonorejo Terendam Air Setinggi Satu Meter

Puluhan rumah warga di Desa Wonorejo terendam air setinggi 1 meter akibat lupan sungai Bajulmati. (foto:fat)
Puluhan rumah warga di Desa Wonorejo terendam air setinggi 1 meter akibat lupan sungai Bajulmati. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 60 rumah yang tersebar pada dua Dusun di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, tergenang air setinggi satu meter, akibat meluapnya sungai Bajulmati yang tidak menampung tingginya debit air, setelah sebelumnya kawasan Situbondo timur,  diguyur hujan deras sekitar dua jam, Kamis (8/2).

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka, dalam peristiwa bencana banjir yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, namun sebagian perabot rumah tangga milik warga Dusun Jelun dan Dusun Pandean, Desa Wonorejo juga terendam air, karena ketinggian air sekitar satu meter lebih. Selain itu, puluhan hektar tanaman padi dan jagung terendam air.

Tidak hanya itu, meluapnya sungai Bajulmati yang tidak dapat menampung tingginya debit air, juga mengakibatkan jembatan permanen yang menghubungkan Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo dengan Desa Bimo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi putus diterjang banjir.

Bahkan, meski kondisi air yang menggenangi warga pada dusun diketahui mulai surut, namun  sebagian warga yang rumahnya  ada di bantaran sungai Bajulmati, dan warga yang rumahnya lebih rendah dari sungai, mereka memilih untuk mengungsi di SDN III Banyuputih, Situbondo, yang dijadikan tempat pengungsian sementara.

Salah seorang korban bencana banjir bernama Lukman mengatakan, karena rumah yang ditempait tepat di bantaran sungai Bajulmat, dan dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan.”Sehingga saya dan keluarga mengungsi ke tempat pengungsian di SDN III Banyuputih, karena saya khawatir akan terjadi banjir susulan,”ujar Lukman, Kamis (8/2).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Taufik Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan petugas Pusdalop, perangkat Desa Wonorejo dan Muspika Banyuputih, rumah yang tergenang air sebanyak 60 rumah yang tersebar pada dusun.”Dengan rincian, di Dusun Pandean sebanyak 35 rumah, di Dusun Jelun sebanyak 25 rumah, sedangkan jumlah jiwa sebanyak 175 jiwa,”kata Taufik Hidayat.

Menurutnya, karena sebagian warga yang rumahnya tergenang air itu, memilih untuk tinggal di tempat pengungsian, yakni tinggal di SDN III Banyuputih, Situbondo.”Sehingga pada malam ini, kami langsung mendistribusikan makanan cepat saji dan sembako kepada para terdampak banjir tersebut,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...