Search

Superhero Bermata Besar Dipilih Jadi Maskot Olimpiade Tokyo 2020

maskot

Jepang, reportasenews.com – Tokyo meluncurkan maskot yang telah lama ditunggu untuk Olimpiade 2020, sebuah karakter futuristik, bermata besar dengan telinga runcing dan punya “kekuatan khusus” selayaknya superhero.

Maskot, yang belum diberi nama, dipilih oleh anak-anak sekolah dasar dari daftar pendek tiga pesaing yang langsung dikenali sebagai kartun asli “madein Jepang”.

Para siswa memilih opsi “A”, yang menurut penyelenggara Tokyo 2020, memiliki “rasa keadilan yang kuat dan sangat atletis”.

Duo maskot superhero ini memiliki kekuatan magis yang memungkinkannya mereka “bergerak ke mana saja seketika”.

Kekuatan superhero “dapat berbicara dengan batu dan angin, bisa juga memindahkan barang hanya dengan melihat mereka”.

Pasangan maskot yang memiliki “kepribadian yang berlawanan” tapi “menjadi teman yang sangat baik”, memperoleh voting lebih dari 100.000 suara – lebih dari dua kombinasi desain lainnya.

Dikenal secara lokal sebagai “yuru-kyara” atau “karakter santai”, maskot juga bisa menjadi mesin pengeruk uang dalam penjualan besok.

Misal saja maskot Beruang, pipi merah yang dikenal sebagai Kumamon – dibuat pada tahun 2010 untuk mempromosikan wilayah Kumamoto selatan Jepang – meraup untung 8,8 juta dolar AS tahun lalu untuk bisnis lokal yang menjual produk bermerek.

Miyu Kawa yang berusia dua belas tahun dari sekolah dimana pemenangnya diresmikan pada hari Rabu mengumumkan maskot “unik” dan “sangat keren”.

“Saya senang membayangkan karakter ini dipajang di mana-mana dan bergerak,” katanya.

Tapi reaksi media sosial bercampur aduk dengan beberapa mengatakan mereka menginginkan sesuatu yang “lebih bulat” dan lebih “huggable”, bisa dipeluk-peluk

Maskot Tokyo 2020 akan berharap untuk meniru keberhasilan Soohorang, harimau boneka yang dibuat di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang untuk diserahkan kepada atlet di podium.

Lebih dari 100.000 boneka boneka (Soohorang dan Paralympic maskot Banbdabi) terjual sepanjang tahun lalu, kata penyelenggara Pyeongchang.

Olimpiade Rio 2016 memiliki hewan kucing kuning yang mewakili fauna dan satwa liar Brasil bernama Vinicius setelah musik hebat Vinicius de Moraes.

Maskot Paralympic, sosok yang dominan biru dan hijau yang kepalanya ditutupi daun untuk mewakili vegetasi Brasil yang kaya, diberi nama Tom setelah musisi Tom Jobim.

Brasil mendapat keuntungan sebesar US $ 300 juta dari lisensi kekayaan intelektual dari Olimpiade 2016, menurut Komite Olimpiade Internasional IOC. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...