Search

Tabung  Gas  3 Kilogram Bocor, Empat KorbanAlami Luka Bakar

Korban luka bakar tengah mendapat perawatan. (foto:fat)
Korban luka bakar tengah mendapat perawatan. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Empat warga Jalan Arguporo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, mengalami luka bakar. Itu terjadi akibat  tabung  kompor gas 3 kilogram di rumah Mardiono (50), warga setempat   bocor, Sabtu (24/2).

Ironisnya, tiga dari empat  korban yang mengalami luka bakar diantaranya satu keluarga. Mereka adalah,  Mardiono (50),  mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya, Susilowati (47), istrinya,  mengalami luka bakar pada kedua kakinya, dan Indah Puspita Sari (17), anaknya,  mengalami luka bakar pada kaki sebelah kanan.

Sedangkan  satu orang korban yang lain Bu Rus (65), tetangga dekat Mardiono, korban diketahui mengalami luka  bakar pada kedua kakinya.  Saat ini, empat korban masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Mitra Seha Situbondo.

Selain mengakibatkan empat orang korban mengalami luka bakar, namun peristiwa kebakaran  yang terjadi  sekitar pukul 11.00 WIB, juga mengakibatkan  atap dapur dan rumah semi  permanen milik korban Mardiono juga terbakar dilalap si jago merah.

Diperoleh keterangan, nasib apes yang dialami oleh korban Mardiono dan keluarganya itu, berawal saat istri korban yang berprofesi sebagai pembuat kue  sedang menggoreng kue onde-onde pesanannya, namun  sebelum selesai menggoreng kue onde-onde pesanannya  tabung gasnya habis.

Saat melakukan pergantian  tabung gas yang habis , diduga  regulatar tabung gasnya bocor, sehingga gas menyambar ke kompor yang sudah  menyala. Bahkan, kobarann api langsung menyambar empat korban yang sedang ada di dapur.

Tidak hanya itu, kobaran api juga menyambar dapur dan rumah semi permanen milik korban. Mengetahui empat orang tetangganya terbakar, sebagian warga mencoba memadamkan api yang membakar empat korban, sebagian warga lain memadamkan kobaran yang membakar dapur dan rumah milik korban.

“Mengetahui rumah dan empat orang tetangganya terbakar, puluhan warga langsung memadamkan kobaran api, dengan menggunakan alat seadanya. Usai berhasil memadamkan kobaran api yang membakar empat korban dan rumahnya, selanjutnya, empat korban langsung dievakuasi ke RS Mitra Sehat,”kata Mulyono, salah seorang tetangga korban, Sabtu (24/2).

Puryono koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mengatakan, berdasarkan pengakuan salah seorang korban, peristiwa tersebut terjadi saat korban Mardiono, mencoba untuk mengganti tabung gas yang habis.”Namun, saat mengganti tabung gasnya,  diduga regulatornya bocor hingga menyambar tabung gas yang menyala tersebut,”kata Puryono.

Menurutnya, karena luka bakar yang dialami empat korban cukup serius, sehingga empat korban langsung dievakuasi ke RS Mitra Sehat, Situbondo agar mendapat perawatan medis, sedangkan kerugian materi dalam peristiwa kebakaran hanya sekitar Rp.6 juta.(fat)




Loading Facebook Comments ...