Search

Tabung Pendingin Roket Jatuh di Pulau Gili Ketapang

Tabung Pendingin Roket Dibawa ke Lapan Pasuruan
Tabung Pendingin Roket Dibawa ke Lapan Pasuruan

PROBOLINGGO, REPORTASE – Benda asing menyerupai tabung yang jatuh dari langit di perairan Pulau Gili Ketapang Probolinggo, akhirnya dilakukan pengecekan langsung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lapan Pasuruan, Senin (10/10/16).

Saat ini benda tersebut masih berada di Mapolres Probolinggo Kota, sejak kemarin. Saat diperiksa, benda dengan panjang 1,5 meter dan berdiameter 60 cm itu, dalam kondisi rusak, pelindung tabung berbahan plastik itu juga rusak robek.

Sementara, pihak Lapan sendiri memastikan kalau benda tersebut 1 dari 4 tabung jatuh di sekitar Jawa Timur bagian timur. Sedangkan 3 tabung lainna jatuh di perairan Sumenep Madura, 1 tabung lagi di perairan Pulau Gili Ketapang ini.

Benda tersebut merupakan tabung pendingin roket falcon 9 buatan Amerika. Setelah di luar atmosfir bumi, tabung itu lepas yang kemudian jatuh. Tabung rusak diperkiran karena menghantam atmosfir bumi.

Menurut Dian Yudha Risdianto, Kepala Lapan Pasuruan, benda tersebut tidak memiliki atau tidak mengandung radiasi aktif, dan tidak berbahaya bagi manusia.

“Sama halnya ini benda biasa, benda ini sama sekali tidak membahayakan. Setelah kami cek, milik roket falcon 9 yang diproduksi di Amerika. Kami akan bawa benda ini untuk memperdalam penelitian,”jelas Dian Yudha, usai melakukan pengecekan Senin (10/10/216).

Benda asing seberat kurang lebih dari 50 kilogram itu akhirnya di bawa ke Lapan Pasuruan, untuk penelitian lebih lanjut. (Fiq)




Loading Facebook Comments ...