Search

Tak Pakai Masker, Warga Labuan Bajo Dihukum Push Up

Personil TNI-Polri memberi hukuman push up kepada warga yang tidak memakai masker. (Ist)

Labuan Bajo, reportasenews.com – Personil gabungan TNI-Polri menggelar Operasi Yustisi guna menerapkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian pandemi Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (30/9/2020).

Operasi Yustisi ini dilaksanakan di beberapa titik keramaian di wilayah kota Labuan Bajo seperti Pasar Wae Kesambi Batu Cermin, Pasar Baru, TPI Kampung Ujung, dan depan SMPN I Komodo. Operasi ini dipimpin langsung Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo dan Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo menjelaskan, Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan digelar untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Operasi ini digelar secara humanis kepada pengendara sepeda motor dan mobil yang tidak menggunakan masker.

“Kami melakukan penindakan dalam rangka penerapan Instruksi Presiden (Inpres) No. 6 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Manggarai Barat,” jelas Kapolres.

Dalam Operasi Yustisi tersebut, kata dia, banyak pelanggar yang tidak menggunakan masker dan diberikan sanksi tindakan fisik berupa push up di tempat dan didata identitasnya serta diberikan masker gratis.

“Dengan adanya hukuman efek jera tersebut, masyarakat bisa lebih disiplin dalam penggunaan masker sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,” kata AKBP Bambang Hari Wibowo.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Manggarai Barat tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker jika keluar rumah. Kami juga memberikan masker bagi masyarakat yang terjaring Operasi Yusitisi ini,” tambahnya

Berdasarkan pantauan, ada sekitar 400 personil gabungan TNI dan Polri yang terlibat dalam operasi tersebut.

“Selain melaksanakan Operasi Yustisi, seluruh personil yang terlibat juga memberikan imbauan dan ajakan untuk selalu gelorakan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan. Imbauan dan ajakan tersebut disampaikan juga melalui pengeras suara di depan umum agar lebih bisa didengar oleh masyarakat,” pungkasnya. (Tjg)




Loading Facebook Comments ...