Search

Tanpa Sengaja Minum Tinta di TPS, Mustafa Dilarikan ke Rumah Sakit

setelah-meminum-tinta-warna-di-TPS-kakek-Mustafa-jalani-pemeriksaan. (foto:das)
setelah-meminum-tinta-warna-di-TPS-kakek-Mustafa-jalani-pemeriksaan. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com – Masih ingat petugas linmas yang meminum tinta tanpa sengaja karena mengira kopi.Mustafa, demikian nama lengkapnya. Pria berumur  62 tahun ini merupakan anggota Linmas atau petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sepanjang usianya, Mustafa tidak pernah melakukan cek darah dan kesehatan. Namun Rabu (27/6) saat pencoblosan surat suara di TPS nya, ia  tanpa sengaja meminum tinta Pilkada saat bertugas di TPS tersebut karena mengira itu gelas berisi kopi.

Nasib Mustafa, mulut dan pakaiannya dikotori tinta yang sulit dihilangkan. Ia pun segera dijemput petugas TNI karena dianggap ‘ceroboh’ menjalankan tugas.

Atas kecerobohan itulah, petugas Komando Distrik Militer (Kodim) 1207/Berdiri Sendiri melakukan penjemputan Mustafa dirumahnya di Jalan Komodor Yos Sudarso, Gang Bunut, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kamis (28/6) pukul 10.00 WIB.

Tim yang menjemput langsung kerumah Kakek Mustafa adalah Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1207/Berdiri Sendiri adalah  Letnan Kolonel Infanteri Hardi Darmawan, Danramil 1207-03/Pontianak Barat, Mayor Inf Eko, Babinsa Sungai Jawi Luar Sertu Supriyadi dan Bamin Komsos Ramil 03, Sertu Matares.

“Kami menjemput Bapak Mustafa, atas dasar arahan dari Dandim 1207/BS Kolonel Inf Ulysses Sondang. Agar Bapak Mustafa untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan,” kata  Kasdim 1207/BS Letnan Kolonel Inf Hardi Darmawan di ruang kerjanya di  Kodim 1207/BS, Jalan Gusti Sulung Lelanang.

Mustafa menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Kartika Husada, jalan Adi Sucipto.

Pemeriksaan kesehatan meliputi  pemeriksaan tensi darah,  foto rontgen, pengambilan dan pengecekan darah serta pemeriksaan EKG Jantung.

“Pasien ditangani oleh dr. Nanik Darmawati,” tuturnya.

Pada pukul 15.05 WIB, pemeriksaan kesehatan selesai, dan secara umum dinyatakan sehat, normal. Maka dari itu, selanjutnya pasien diberikan obat dan diperbolehkan pulang.

Mustafa menyampaikan terimakasihnya kepada TNI telah peduli kepada dirinya. Ini sebagai wujud nyata dan rasa simpatik serta kepedulian Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen Achmad Supriyadi.

“Saya, terimakasih-terimakasih, kepada Bapak-bapak TNI yang sudah menjemput dengan segala kebaikannya yang tidak pernah saya terpikir sampai terjadi di hari ini. Karena pengakuannya baru kali ini saya diperiksa lengkap,” lirih  Mustafa, sambil tangan kanannya dibawa kedada dan menundukkan kepalanya.

Kakek Mustafa saat itu adalah anggota Linmas atau petugas TPS 01 Kelurahan Sungai Jawi Luar. Pengakuan Kakek Mustafa, tanpa sengaja meminum tinta Pilkada saat bertugas di TPS karena rasa kantuknya karena bergadang menjaga TPS semalaman. (das)




Loading Facebook Comments ...