Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 29 Agu 2019 22:14 WIB ·

Tarik Wisatawan, Pemkab Gelar Festival Kopi di Desa Kayumas


					Wabup Yoyok Mulyadi, saat membuka festival kopi di Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Stubondo. (foto:fat) Perbesar

Wabup Yoyok Mulyadi, saat membuka festival kopi di Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Stubondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Canangkan  destinasi wisata baru di  Desa Kayumas, Kecamatan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo. Pemkab Situbondo, melakukan berbagai terobosan untuk menarik parawisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Situbondo  adalah menggelar kegiatan festival kopi. Acara  festival tersebut  digelar  bersamaan dengan Ajheru’ Aghung atau selamatan desa.

Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan itu. Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi mengatakan, acara itu dilaksanakan memang bertujuan untuk menarik  wisatawan.

Menurutnya, desa yang terletak di ujung selatan Kecamatan Arjasa itu memiliki perkebunan kopi yang menawarkan pemandangan berlatar belakang alam.

Yoyok mengatakan, kopi kayumas sudah dikenal ke seluruh penjuru nusantara. Bahkan, sudah Go Internasional. Sebab, pangsa pasarnya sampai ke beberapa negara   Eropa dan Amerika Serikat.

 “Potensinya sangat luar biasa. Belum lagi jenis tanaman lain seperti jahe. Ini tentu memiliki nilai jual,” imbuhnya.

Menurutnya, Ajheru’ Aghung merupakan kegiatan rutin tahunan. Hanya saja, pada tahun-tahun sebelumnya digelar di tiap dusun. “Nah, sekarang ini kita kumpulkan menjadi satu. Pemerintah daerah ikut mendukung agar tetap lestari,” tambah Yoyok.

Ajheru’ Aghung sebagai bentuk rasa syukur masyarakat karena hasil panen yang melimpah ruah. Yoyok menjelaskan, ini merupakan kekayaan lokal yang harus tetap dipertahankan. Kemudian, pemerintah daerah akan menjadikannya sebagai budaya yang bisa menarik wisatawan.

Untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, pemerintah daerah akan terus mendorong dan mendukung agar tidak hilang. Kalau bisa dilestarikan, akan sangat menunjang sektor pariwisata yang dicanangkan bupati,” pungkas Yoyok.

Pantauan FaktualNews.co dilapangan, ada beberapa kegiatan sebagai rangkaian acara Ajheru’ Aghung dan festival kopi di Desa Kayumas. Di antaranya, gelar adat budaya desa, sarasehan kopi, gelar potensi kopi kayumas, ngopi gratis, lomba sangrai kopi tradisional, dan lomba produk UMKM. Dalam kesempatan itu, hadir juga beberapa kepala OPD.(fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Anggota Polsek Karanganyar Bantu Warga Membangun Rumah

29 Maret 2024 - 04:45 WIB

Ngantuk, Sopirn Pikap Tabrak Warung Makan dan Pohon

28 Maret 2024 - 21:15 WIB

Gerebek Arena Judi di Kebun Tebu, Petugas Amankan 2 Pelaku

28 Maret 2024 - 21:06 WIB

Viral di Medsos, di Situbondo Balita Perempuan Dilempar Ayah Kandungnya

28 Maret 2024 - 19:03 WIB

Jembatan Muara Tembesi Nyaris Roboh Ditabrak Tongkang Angkutan Batu Bara

28 Maret 2024 - 18:46 WIB

Pemrov Jambi Kebut Percepatan Pembangunan Jalan Khusus Batu Bara Sepanjang 140 km

28 Maret 2024 - 18:01 WIB

Trending di Daerah