Search

Telan Anggaran Sekitar Rp 1 Miliar, Proyek Saluran di Situ Pladen Disoal

Saluran di Situ Pladen di kelurah, Beji, Depok. (foto:ltf)
Saluran di Situ Pladen di kelurah, Beji, Depok. (foto:ltf)
Depok,reportasenews.com  – Penurapan inlet dan outlet Situ Pladen di Kelurahan/Kecamatan Beji, Kota Depok, yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada tahun 2018 melalui pihak ketiga menuai kritik. Salah satunya dinilai amburadul.
Misbah seorang warga RW 14 Kelurahan Beji menuturkan, pengerjaan yang dilakukan pihak kontraktor dalam pemasangan U-ditch di sekeliling permukiman warga Situ Pladen tanpa disertai penutupnya. “Pengerjaannya sangat kacau, penutupnya engga di pasang, kontraktor main pergi aja,” kata Misbah saat ditemui di sekitar lokasi Situ Pladen, Jumat (28/2/2019).
Selain hal itu, masih kata Misbah, pengerjaan yang dilaksanakan November akhir hingga Desember 2018 juga tak maksimal lantaran bagian antar U-ditch dibiarkan renggang tanpa disemen. Dia beserta warga lainnya juga sempet mempertanyakan cara kerja kontraktor, namun tak membuahkan hasil.
“Harusnya kan bagian antar U-ditch disemen, enggak dibiarkan renggang. Warga sudah menanyakan tapi mandornya diam,” ujarnya.
Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti menggelak kalau pengerjaan yang dilaksanakan CV Amalo Cipta Kreasi dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 878 juta di Situ Pladen amburadul. Sebab menurutnya lokasi tersebut kumuh dan airnya kotor. “Apaan yang amburadul. Emang tempatnya kumuh,” imbuh Citra saat dikonfirmasi melalui pesan What’sApp.
Citra mengungkapkan, seharusnya warga jangan hanya berkomentar seenaknya tanpa melihat kendala yang terjadi dilapangan saat pengerjaan dilangsungkan. Sebab untuk membawa U-ditch ke lokasi pengerjaan pihak kontraktor sangat kesulitan akibat jalan sempit dan adanya tanah milik warga. “Kalau komentar emang enak. Coba kalau ngelakuin pasti sulit. Susah masukin U-ditchnya,” katanya.
Mengenai tidak adanya penutup U-ditch dalam pengerjaan itu, ngaku Citra, di Rincian Anggaran Biaya (RAB) penurapan inlet dan outlet Situ Pladen memang tak disertai. Perihal itu pernah disampaikan ke Rukun Tetangga (RT) dan disetujui karena untuk mempermudah dalam pembersihan dari sampah. “Dalam RAB emang tidak ada. Kami sudah sampaikan ke RT dan RT menyetujui,” ungkapnya. (jan/ltf)



Loading Facebook Comments ...