Search

Tentukan Awal Ramadlan BHR Situbondo Pantau Hilal di Pantai  Kalbut

Badan Hisab dan Rukyat (BHR) memantau Hilal di Pelabuhan Kalbut, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (5/5/2019).. (foto:fat)
Badan Hisab dan Rukyat (BHR) memantau Hilal di Pelabuhan Kalbut, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (5/5/2019).. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Untuk menentukan awal Ramadlan 1440 Hijriah, tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) memantau Hilal di Pelabuhan Kalbut, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (5/5/2019).
Namun, dalam memantau Hilal, BHR Situbondo melibatkan tim BHR dari tiga Kabupaten tetangga, serta melibatkan   petugas dari tiga kementerian agama (Kemenag) Kabupaten tetangga. Masing-masing adalah, Kemenag Situbondo, Kemenag Bondowoso, dan Kemenag Kabupaten Jember.
Selain itu, dalam memantau hilal di Pantai  Kalbut,  tim BHR Situbondo juga melibatkan  para mahasiswa dari IAIN Jember, dan mahasiswa dari Universitas Nurul Jadid, Paiton, Kabupaten Probolinggo. Bahkan, juga melibatkan sejumlah ormas islam di Situbondo.
Ketua tim BHR Situbondo Erfan Helmi mengatakan, selain melibatkan petugas dari tiga Kantor   Kemenag, tim BHR dari kabupaten tetangga, dan mahasiswa dari dua perguruan tinggi, namun dalam memantau hilal di Pantai Kalbut, pihaknya juga menggunakan alat canggih, yakni menggunakan tiga unit  teropong dan satu unit theodolid.
“Saya berharap pada saat  pelaksanaan memantau hilal cuaca tetap cerah, sehingga pemantauan  hilal  tidak terhalang dengan mendung,”ujar Erfan Helmi.
Menurutnya, pihaknya sengaja memantau hilal di pelabuhan Kalbut, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo, karena lokasi di pantai tersebut sangat strategis.
“Bahkan, kami juga melibatkan PCNU Situbondo, dalam memantau hilal di Pantai Kalbut,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...