Search

Terminal Kijing Siap Beroperasi 2020, Pelindo II Kebut Penyelesaian

Terminal Kijing Meumpawah siap beroperasi. (foto:das)
Terminal Kijing Meumpawah siap beroperasi. (foto:das)
Mempawah, reportasenews.com – Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menargetkan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat dapat beroperasi sebagian pada Juli – Agustus 2020 seiring dengan terus dipercepatnya penyelesaian pembangunan terminal itu.
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II/IPC,  Elvyn G. Masassya, mengatakan sangat optimistis pada Juli atau Agustus 2020 Terminal Kijing akan mulai beroperasi sebagian, pasalnya progres pembangunannya hingga kini telah mencapai 20%.
“Progres pembangunannya semakin cepat, karena pembebasan lahan dan relokasi karamba sudah dilaksanakan, ini membuat pembangunan Terminal Kijing tahap I diharapkan bisa mulai beroperasi Juli 2020,” ungkapnyadi sela-sela tinjauan langsung pembangunan Terminal Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (11/7/2019).
Pembangunan Terminal Kijing tahap I meliputi terminal peti kemas di sisi laut seluas 1000 meter x 1000 meter, lapangan operasional di sisi darat, serta trestle (jalan penghubung) sepanjang sekitar 3,5 kilometer.
Nantinya, Elvyn mengatakan bahwa Terminal Kijing terdiri atas terminal peti kemas berkapasitas hingga 1,95 juta TEUs setahun, terminal curah cair mencapai 12,1 juta ton per tahun, curah kering 15 juta ton per tahun dan terminal multipurpose sebesar 1 juta ton per tahun.
Dia melanjutkan bahwa seiring dengan segera beroperasi sebagai salah satu pelabuhan hub, nantinya Terminal Kijing yang kelak akan bernama Pelabuhan Tanjungpura tersebut, akan menjadi gerbang utama ekspor/impor barang dari dan ke Kalimantan.
“Harapan kami, semua produk ekspor Kalimantan Barat tidak perlu dikirim melalui pelabuhan lain di luar Kalimantan, karena nantinya ekspor/impor bisa langsung dilakukan melalui Terminal Kijing ini,” tutupnya.  (das)



Loading Facebook Comments ...