Search

Tes Parameter Tahap II, Performa Fisiki Atlet Puslatkab Situbondo  Meningkat 

Para atlet mengikuti tes parameter do GOR Baluran. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 157 atlet Pusat Pelatihan Kabupaten (Puslatkab) dan atlet proyeksi Puslatkab Situbondo, mengikuti tes parameter fisik tahap dua, yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, dan dilaksanakan  selama dua hari di GOR Situbondo.
Namun, hasil  tes parameter tahap dua,   yang bertujuan untuk melihat kapasitas dan kemampuan fisik para  atlet Puslatkab Situbondo, sebagai persiapan pelaksanaan Porprov Jatim ke-IV pada tahun 2019 mendatang. Hasilnya,   cukup memuaskan jika dibandingkan dengan tes parameter pertama, yang dilaksanakan pada akhir Juli 2018   yang lalu.
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Reno Widigdyo mengatakan, jika performa fisik atlet meningkat drastis dari tes tahap pertama. atlet yang performanya buruk saat tes parameter pertama, kini sudah menunjukkan performa baik. “Alhamdulillah, ternyata banyak peningkatan setelah atlet menjalani pelatihan Puslatkab tahap pertama,”kata Reno Widigdyo, Minggu (21/10/2018).
Menurutnya, pada saat tes parameter tahap pertama, diakui ada beberapa evalausi  dari Surabaya Sport Center (SSC) Unversitas Negeri Surabaya (Unesa), selaku pihak yang menyediakan teknologi tes parameter.”Evaluasi tersebut dijadikan dasar untuk melakukan pembenahan oleh para  pelatih sejumlaj cabang olahraga (Cabor) di Kabupaten Situbondo,”imbuh Reno Widigdyo.
Pria yang akrab dipanggil  Reno mengatakan, jika peningkatan performa hasil tes parameter tahap dua ini  menjadi modal bagus bagi para  atlet Situbondo,  dalam menghadapi Porprov Jatim 2019 nanti. Dengan begitu, ada asa untuk menyabet banyak prestasi di even olahraga tingkat provinsi itu. “Kita ada kesiapan menghadapi porprov, dan kita berharap meraih prestasi,” imbuhnya.
Reno menambahkan, tes parameter akan terus dilakukan KONI. Karena itu, pada latihan-latihan yang dilakukan, fisik pemain akan mendapatkan perhatian lebih. Ketika performa fisik atlet sudah pada angka paling tinggi, baru dimaksimalkan aspek-aspek lainnya. Seperti tehnik, taktik, dan mental. “Karena bagaimanapun juga, fisik sangat menentukan,” jelasnya.
Sementara itu, Purnomo, salah seorang  tim dari Unesa mengatakan, pihaknya sangat  mengapresiasi peningkatan performa fisik para atlet Puslatkab Situbondo.”Dari hasil itu, menunjukkan jika  pola pembinaan  yang dilakukan oleh  KONI Situbondo berjalan dengan baik kepada para pelatih sejumlah Cabor di Situbondo,”katanya
Menurutnya, meski hasil tes parameter tahap dua hasilnya cukup baik. Akan tetapi, fisik bukan satu-satunya yang perlu mendapatkan perhatian dalam latihan. Perlu juga digenjot tehnik, taktik, serta mental atlet. “Fisik sudah bagus, sekarang tinggal meramu tehnik, taktik dan mental. Ini harus diperhatikan juga,”imbau Purnomo.
Diperoleh keterangan, berdasarkan data dari KONI Kabupaten Situbondo, sebanyak 157 atlet dari sejumlah Cabor di Situbondo, mereka mengikuti tes parameter tahap dua. Dengan rincian, 37 atlet pusltakab, dan 120 atlet proyeksi puslatkab. Para atlet ini dipersiapkan menghadapi Porprov Jatim 2019 mendatang.(fat)



Loading Facebook Comments ...